PPDB SMA/SMK Jabar Jalur Zonasi Dibuka Hingga 1 Juli 2020

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBagi calon peserta didik yang tidak lolos pada Penerimaan Peserta Disdik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB Jawa Barat tahun 2020 di tahap pertama tidak perlu panik. Masih ada PPDB tahap dua yang dibuka hari ini, 25 Juni hingga 1 Juli 2020.

Pada tahap kedua ini, jalur yang dibuka bagi SMA adalah zonasi dengan kota 50%. Kuota tersebut menghimpun pendaftar kategori anak berkebutuhan khusus (ABK). Sedangkan jalur yang dibuka bagi SMK adalah jalur prestasi nilai rapor (umum) dengan kuota 40%.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi menyampaikan, sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB 2020, sebanyak 12,6% kuota yang tak terpenuhi di tahap satu, akan dilimpahkan pada pendaftaran tahap kedua.

“Bagi calon peserta didik yang tidak lolos tahap pertama, tak perlu cemas dan khawatir. Kalian bisa memanfaatkan jalur pendaftaran tahap kedua,” ujar Kadisdik, Kamis (25/6/2020).

Kadisdik mengimbau, jika ada calon peserta didik yang terkendala fasilitas agar mendatangi sekolah yang dituju. “Di sana, panitia PPDB di sekolah sudah menyiapkan fasilitas pendaftaran dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19,” tuturnya.

Ia menegaskan, wewenang seleksi dan penetapan diterimanya peserta didik ada di tangan satuan pendidikan melalui musyawarah guru yang dipimpin oleh satuan pendidikan. Jika ada calon peserta didik yang tidak diterima pada tahap ini, Kadisdik mendorong calon peserta didik untuk memilih sekolah swasta yang ada.

“Kalau nanti di tahap kedua juga tidak terima, kami sarankan memilih sekolah-sekolah swasta. Mereka juga telah terakreditasi dan kualitas pendidikannya pun tidak diragukan lagi,” imbaunya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar pun sudah menyiapkan anggaran untuk membiayai siswa dari keluarga tidak mampu yang tidak lolos seleksi di sekolah negeri. “Namun, Pemprov Jabar hanya membiayai biaya sekolah siswa tidak mampu yang masuk sekolah swasta karena tidak diterima di sekolah negeri,” tegasnya.(*/tie)

admin

Recent Posts

Diskimrum Jabar Apresiasi Pembangunan 2800 Hunian Baru di Kawasan Bandung Timur oleh Perum Perumnas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Dengan luas wilayah 166,59 kilometer persegi, Kota Bandung menjadi salah kota terpadat…

12 jam ago

Potensi Tsunami Pasca Erupsi Gunung Ruang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Paska terjadinya erupsi cukup besar pada Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi…

14 jam ago

Bio Farma Berikan Bantuan Mesin untuk Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Jelekong & Sukamiskin Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Bio Farma melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkomitmen untuk…

15 jam ago

Persib Tutup Reguler Series Liga 1 dengan Kekalahan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menutup reguler series Liga 1 2023/2024 dengan kekalahan. Bermain melawan…

16 jam ago

Hari Ini Sebanyak 10.321 Peserta Ikuti UTBK-SNBT di Unpad

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Hari in, Selasa (30/4/2024), sebanyak 10.321 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi…

17 jam ago

Hadapi PSS Sleman, Persib Turunkan Pemain Lapis Dua

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Hari ini Selasa (30/4/2024), Persib akan tandang dengan lawannya yakni PSS Sleman.…

18 jam ago