PASKREATIF

Nita Kanya, Telaah Kinerja Guru Serta Implikasinya Pada Kompetensi Lulusan

ADVERTISEMENT

*)SIDANG PROMOSO DOKTOR PASCASARJANA UNPAS

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMProgram Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka promosi doktor Nita Kanya, mahasiswi program Doktor Ilmu Manajemen pada Rabu (15/7/2020)  di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung.

Acara sidang yang diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp. MSi. M.Kom. ini pun dihadiri oleh Direktur Pascasarjana Unpas sekaligus Oponen Ahli Prof.Dr.H.M.Didi Turmudzi M.Si.

Adapun disertasi yang disidangkan  berjudul Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah,  Budaya Organisasi  Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Serta Implikasinya Pada Kompetensi Lulusan yang Dimoderasi Implementasi Sertifikasi Guru (Survei Pada SMA di Kota/Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan Cimahi). Dengan Promotor Prof. Dr.H.M.Sidik Priadana, MS dan Co. Promotor Dr. Heru Setiawan, SE., MM.

Penelitian ini terang Nita dilatarbelakangi oleh Kepemimpinan Kepala Sekolah. Budaya Organisasi, Kompetensi Guru, Kinerja Guru dan Kompetensi Lulusan yang belum optimal. Penelitian ini dilakukan Pada SMA Di Kota/Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan kota Cimahi.

“Tujuan penelitian ini menganalisis dan mengkaji secara deskriptif dan verifikatif terkait dengan Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru yang berimplikasi Kompetensi Lulusan yang dimoderasi oleh implementasi sertifikasi guru,” terangnya.

Adapun Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang dilakukan secara deskriptif dan verifikatif. Teknik pengembilan sampel yang dilakukan dengan proportional cluster random sampling. Sumber data dari data primer dan sekunder, dengan observasi, penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Serta Teknik analisis yang digunakan dengan analisis jalur.

“Hasil Penelitian menunjukan bahwa Secara Deskriptif Kepemimpinan kepala sekolah, Budaya organisasi, dan Kompetensi lulusan berada pada kategori cukup baik menuju baik, sedangkan untuk Variabel Budaya Organisasi berada pada ketegori paling lemah menuju baik dan Kinerja guru berada pada kategori rendah menuju baik, sementara Hasil Penelitian Verifikatif menunjukan Kepemimpinan kepala sekolah dan Budaya organisasi dan kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru secara simultan dan parsial, serta Hasil penelitian Verifikatif menunjukan Kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi lulusan,” paparnya.

Disamping itu, dari Hasil Penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan dari variable kepemimpinan kepala sekolah, Budaya Organisasi dan Kompetensi guru terhadap kinerja guru dimana variable yang dominan pengaruhnya adalah variabel kepemimpinan kepala sekolah.

“Terdapat pula pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari variabel Kepala sekolah, Budaya organisasl terhadap kinerja guru, sertaterdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel kinerja guru terhadap kompetensi lulusan yang dimoderasi Sertifikasi guru,” urainya.

Dari sidang ini Nita Kanya pun mendapatkan Gelar Doktor Ilmu Manajemen dengan IPK 3,68 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

Nita juga sempat menyampaikan bahwa selama berkuliah di pascasarjana Unpas ia merasa nyaman dan puas dengan fasilitas maupun pengajar.

“Alhamdulillah saya tidak salah memilih kampus, kuliah dengan nyaman serius tapi santai, tidak menjadi beban berat tapi belajar sepenuh hati, di mana dosennya sangat berkompeten dan membantu saat kita berkonsultasi,  pelayanannya juga tidak ada rasa kecewa. Saya berharap semoga Unpas kedepannya bisa semakin maju,” tandasnya. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Diskimrum Jabar Apresiasi Pembangunan 2800 Hunian Baru di Kawasan Bandung Timur oleh Perum Perumnas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Dengan luas wilayah 166,59 kilometer persegi, Kota Bandung menjadi salah kota terpadat…

8 jam ago

Potensi Tsunami Pasca Erupsi Gunung Ruang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Paska terjadinya erupsi cukup besar pada Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi…

11 jam ago

Bio Farma Berikan Bantuan Mesin untuk Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Jelekong & Sukamiskin Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Bio Farma melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkomitmen untuk…

11 jam ago

Persib Tutup Reguler Series Liga 1 dengan Kekalahan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menutup reguler series Liga 1 2023/2024 dengan kekalahan. Bermain melawan…

12 jam ago

Hari Ini Sebanyak 10.321 Peserta Ikuti UTBK-SNBT di Unpad

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Hari in, Selasa (30/4/2024), sebanyak 10.321 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi…

14 jam ago

Hadapi PSS Sleman, Persib Turunkan Pemain Lapis Dua

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Hari ini Selasa (30/4/2024), Persib akan tandang dengan lawannya yakni PSS Sleman.…

15 jam ago