PASBANDUNG

Warga Bandung Masih Banyak yang Tak Gunakan Masker

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMeski sudah menjadi kewajiban warga Bandung menggunakan masker dimana saja, namun nyatanya masih banyak warga Bandung yang enggan menggunakan masker.

“Saya masih sering mengingatkan masyarakat untuk mau menggunakan masker,” ujar Kepala  Dinas Kesehata (Kadinkes) Kota Bandung, Rita Verita, belum lama ini.

Rita mengatakan, ada beberapa jenis masker yang sekarang digunakan. Diantaranya, N95, masker bedah, untuk medis dan ada juga yang untuk masyarakat umum.

“Bahannya juga beragam. Ada yang dari kain, ini mungkin bisa hemat, karena bisa dicuci dan dipakai beberapa kali,”kata Rita.

Namun, Rita mengingatkan, menggunakan masker kain maksimal hanya 4 jam.  “Ingat juga bahwa kita memerlukan oksigen untuk bernapas. Sehingga jika memungkinkan, ada baiknya masker dilepas saja,” tambah Rita.

Selain itu, Rita juga mengingatkan ketika makan, jangan menggantungkan masker di leher. Ada baiknya masker dilepas dan dilipat, laku disimpan ditempat yang baik.

Halnya dengan masker bedah, hanya bisa digunakan satu kali saja. Sehingga lebih boros.

Cara merawat masker kain, menurut Rita, tidak terlaku repot. Ada dengan mencuci menjemur dan menyetrika, virus akan mati karena terkena suhu yang panas. “Cuci saja masker dengan bersih seperti saat kita mencuci baju. Lalu jemur di bawah sinar matahari langsung. Akan lebih baik, jika disetrika setelah kering,”papar Rita.

Penggunaan masker ini, kata Rita sangat baik untuk mencegah penularan covid-19. “Baik itu kemungkinan kita menularkan kepada orang lain, maupun kemungkinan kita tertular,” tuturnya.

Untuk penggunaan masker ketika sedang berolahraga, Rita mengembalikan tingkat kenyamanan kepada masing-masing individu.  “Kalau kita sudah merasa pengap, ya dibuka maskernya. Itu sih bergantung kenyamanan masing-masing individu,” katanya. (Put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Unpas dan Komisi Yudisial Perpanjang MoU, Wujudkan Sistem Peradilan Bersih

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Universitas Pasundan (Unpas) memperpanjang nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan…

47 menit ago

“Panen Raya Khairina” Wakaf Salman Kenalkan Aset Produktif di Desa Cimenyan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman mengajak para donaturnya mengunjungi salah satu aset wakaf produktif berupa kebun dan…

1 jam ago

Timnas U-17 Indonesia lolos Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas U-17 Indonesia lolos Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Hal ini dipastikan setelah…

1 jam ago

Wisuda Periode 2 Unjani: 2.713 Lulusan Siap Jadi Agen Perubahan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Universitas Jenderal Achmad Yani atau Unjani Kota Cimahi wisuda sebanyak 2.713 wisudawan…

2 jam ago

Hari Sumpah Pemuda ke-96, Pemkot Cimahi Tekankan Persatuan dan Peran Pemuda

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Daerah Kota Cimahi memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96 melalui upacara yang…

3 jam ago

Kemah Budaya Pasundan Bentukan Siswa Berkarakter

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, Prof.Dr.H.M Didi Turmudzi M.Si, berharap Kemah…

3 jam ago