HEADLINE

Kapten Persib Lebih Sreg Liga 1 Dengan Degradasi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKompetisi Liga 1 2020 diputuskan akan kembali bergulir Oktober mendatang. Namun, tak akan ada degradasi seperti selayaknya kompetisi karena liga berlangsung dalam keadaan force major atau darurat.

Kapten Persib Bandung Supardi Nasir angkat suara menanggapi hal itu. Ia memandang harusnya promosi dan degradasi tetap diadakan.

Sebab, degradasi dan promosi jadi salah satu pemacu agar setiap tim termotivasi menampilkan performa terbaik. Iklim persaingan ketat pun bakal tercipta di lapangan yang membumbui laga.

“Sebenarnya kurang pas saja persaingan tanpa degradasi. Seperti tidak adil, daya pemikatnya kurang,” kata Supardi.

Ia pun memprediksi akan banyak tim bermain mencari aman. Persaingan ketat hanya akan terjadi di antara beberapa tim yang berpeluang menjadi juara.

Sedangkan tim papan tengah dan papan bawah bakal lebih ‘leha-leha’. Sebab, apapun hasil akhir kompetisi tak akan berdampak signifikan selain hanya menentukan posisi. Bahkan, tim papan bawah tak akan dihantui ketakutan terdegradasi.

Hal itu berbeda jika kompetisi digelar dengan sistem degradasi dan promosi. Tim Liga 1 akan berjuang mati-matian demi juara dan terhindar dari degradasi. Tim Liga 2 pun bakal berjuang ekstra keras agar bisa promosi ke kasta tertinggi.

“Kalau ada degradasi, semua bersaing (demi bisa juara dan terhindar degradasi), tengah-tengahnya deg-degan (khawatir degradasi),” jelas Supardi.

Namun, ia tak bisa berbuat apa-apa atas kebijakan tersebut. Sebab, Supardi hanya sebatas pemain yang tak punya kemampuan mengambil kebijakan di kompetisi.

“Ini kebijakan dari pusat dan ini menyangkut force major atau corona ini, enggak tahu pertimbangannya (kenapa diambil kebijakan tanpa degradasi). Tapi, kalau jawaban pribadi, harusnya ada degradasi, namanya juga kompetisi,” tandas Supardi. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

57 menit ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

2 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

3 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

4 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

5 jam ago

Diserbu Bobotoh Henhen Tutup Kolom Komentar Instagramnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Buntut insiden intimidasi yang diduga dilakukan beberapa beberapa pemain Persib kepada bobotoh,…

5 jam ago