PASBANDUNG

Buka Jendela Jadi Kunci Pencegahan Klaster Baru COVID-19 di Perkantoran

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBanyak perkantoran jadi klaster baru penyebaran Covid-19, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana sudah instruksikan Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan (Bagumpal) Setda Kota Bandung, untuk membuka jendela ruang kerjanya agar sirkulasi udara lancar.

“Sejak ada informasi virus covid-19 airborne, saya sudah meminta jendela-jendela di ruang kerja saya dibuka agar sirkulasi udara menjadi bagus,” ujar Yana kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Yana mengatakan, ruangan terbuka saat ini jauh lebih baik jika dibandingkan ruang tertutup namun ber-AC.

“Karena ruang ber AC kita tidak tahu sirkulasinya seperti apa. Kalau ada virus yang berterbangan di ruangan tersebut, bisa menularkan pada orang-orang di ruangan tersebut dengan cepat terlebih jika sirkulasinya buruk,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bagumpal Setda Pemkot Bandung Zamzam Nurzaman mengatakan pihaknya rutin melakukan penyemprotan di ruangan sekitar perkantoran Balai Kota Bandung.  “Bahkan sejak H+3 di bulan Maret waktu itu, kita sudah melakukan penyemprotan di ruangan yang biasa digunakan rapat,” katanya.

Ruang rapat di lingkungan Balai Kota Bandung sendiri ada tiga tempat, yaitu ruang tengah, ruang serbaguna dan auditorium.

“Kalau untuk ruangan yang kurang ventilasi, seperti auditorium, kita semprot dengan rutin. Tapi kalau ruangan yang ventilasinya bagus, ya jendelanya kita buka setiap hari,” paparnya.

Khusus ruang rapat yang sering digunakan untuk rapat, Zamzam mengatakan melakukan penyemprotan sebelum dan setelah pelaksanaan rapat. “Tapi kan sekarang jarang dilakukan rapat besar,” tuturnya.

Demikian halnya dengan beberapa empat umum seperti Taman Sejarah. Taman Dewi Sartika dan Taman Balai Kota, sampai sekarang belum dibuka untuk umum.

“Jika ada kegiatan yang mendatangkan masa, saya tidak berani memberi izin. Saya meminta izin langsung dari Bapak Wali Kota,” tuturnya. (Put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

3 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

4 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

5 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

6 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

6 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

6 jam ago