PASBANDUNG

Tak Gunakan Masker Dihukum Nyanyi Halo-Halo Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPenegakan aturan wajib menggunakan masker tidak melulu hanya disanksi dengan denda uang. Seperti yang dilakukan Satpol PP Kota Bandung yang mengkum pelanggar dengan cara menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung.

Seperti yang terjadi saat pemeriksaan di Pasar Baru Trade Center, yang ditemukan masih banyaknya pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan masker.

Salah seorang anggota Satpol PP perempuan,Ruth, memberikan sosialisasi dan mengingatkan bahwa menggunakan masker adalah salah satu cara untuk mencegah penularan virus covid-19.

“Harap saling mengingatkan, bahwa menggunakan masker sekarang adalah wajib,” katanya.

Ruth juga mengingatkan, jangan sampai pasar baru menjadi klaster baru.  “Kalau nanti Dinkes melakukan tes swab random dan ketahuan ada yang positif, maka pasar baru akan ditutup lagi. Kalau sudah ditutup semua yang rugi bukan hanya yang tidak pakai masker, tapi semua jadi rugi,” paparnya.

Ruth juga mengatakan, agar penjual mengingatkan pembeli untuk menggunakan masker.  “Kalau perlu, baru dilayani kalau sudah menggunakan masker,” tegasnya.

Salah seorang pendagang kerudung di Pasar Baru,Yeti,52, mengatakan sebenarnya dirinya termasuk taat menggunakan masker.

“Hanya saja, memang saya terkadang melepas masker, karena sedang makan. Atau memang kadang terasa pengap karena di sini tidak ada AC,” paparnya.

Ditanya mengenai lebih memilih sanksi denda atau sanksi sosial, Yeti mengatakan lebih memilih sanksi sosial. “Sekarang kan cari uang susah. Denda pasti terasa berat,”  tuturnya.

Sejak dibuka setelah PSBB di Kota Bandung, Yeti mengatakan pendapatannya turun drastis.  “Dulu saya punya pegawai 10 orang, sekarang tinggal 4 orang,” tambahnya.

Selain pedagang, sosialisasi juga diberikan kepada pengunjung. Tercatat setidaknya satu orang pengunjung bernama  Muhammad Wisnu tertangkap tidak menggunakan masker.

Menurut Wisnu, sebenarnya dirinya tahu bahwa untuk masuk ke tempat keramaian harus menggunakan masker. Hanya saja Wisnu mengaku lupa.  Akibatnya, Wisnu disanksi menyanyikan lagu Hari Kemerdekaan. (Put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

1 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago