PASPENDIDIKAN

CLE FH Unpas Terbitkan 5 Buku Saku Bertema Hukum untuk Kehidupan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Clinical Legal Education (CLE) Fakultas Hukum Universitas Pasundan menerbitkan 5 buku saku bertema hukum dalam kehidupan sehari-hari  dengan judul Kekerasan Dalam Rumah Tangga ( KDRT),  Hak-hak Anak, Pahami dan Waspdai Kekerasan Seksual, Pendaftaran Tanah dan Bijak Bermedia Sosial.

Humas CLE FH Unpas, Alif Putra Utama menyampaikan bahwa pembuatan buku saku ini dikarenakan adanya pandemi Covid 19 yang mengakibatkan agenda penyuluhan dan pendidikan hukum CLE menjadi terbatas. Sehingga CLE berinisiatif untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan hukum dengan cara lain, yaitu dengan membuat buku saku mengenai aspek hukum sehari hari yang mudah di pahami oleh masyarakat umum.

“Proses pembuatan buku saku ini berlansung selama sebulan sejak Juli hingga Agustus 2020. Adapun buku ini disusun oleh volunteer CLE yang masih menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum Unpas,” terangnya kepada pasjabar, jum’at (28/8/2020).

Sementara itu, buku yang di produksi saat ini sudah mencapai 125 buku. Untuk kemudian disebarkan kepada komunitas sekitar bandung yang sudah memiliki kerja sama dengan CLE FH Unpas, diantaranya adalah Yayasan Rumah Ruth, LBH Bandung, SLB YRBB Cijambe kab.bandung, SLB A Padjajaran, SLB Terate, KITA Organisation dan lain-lain.

“Tujuan dari pembuatan buku ini adalah untuk memberikan edukasi hukum kepada kaum marginal, dan tentunya dengan adanya pandemi Covid -19 bukan menjadi halangan untuk kami dalam memberikan pendidikan hukum kepada kaum marginal,” tambahnya.

Pembuatan buku ini terang Alif menjadi hal yang penting karena dapat menumbuhkan rasa pemikiran yang kritis terhadap hal-hal yang terjadi di kehidupan sehari-hari dan dapatn menumbuhkan rasa sadar akan kewajiban dan hak.

“Ke depan kami berharap dapat membuat buku saku dengan tema lain yang mudah dipahami oleh masyarakat umum, dan kami berharap dapat melaksanakan kembali pendidikan dan penyuluhan hukum kepada teman teman yang marginal dan miskin,” pungkasnya. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

8 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

9 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

10 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

11 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

12 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

13 jam ago