PASBANDUNG

Bandung Belum Berencana Terapkan Jam Malam

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPemkot Bandung belum berencana menerapkan jam malam sebagai upaya menekan laju penyebaran COVID-19 di Kota Bandung. Kondisi yang ada dinilai belum darurat sehingga keputusan itu tak perlu diambil.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana pun membandingkan kondisi di Bogor dan Bandung. Di Bogor, laju penyebaran COVID-19 sangat tinggi. Sehingga, pemda setempat mengambil kebijakan memberlakukan jam malam.

Sedangkan di Bandung, diakuinya masih terjadi kenaikan. Namun, angka kenaikannya tidak terlalu signifikan. Sehingga, apa yang dilakukan di Bogor tidak perlu dilakukan di Bandung.

Jam malam sendiri menurutnya hampir sama dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dengan kebijakan itu, gerak atau aktivitas warga sama-sama dibatasi. Namun, tujuannya besarnya, yakni menghindari orang berkerumun.

“Sebenarnya hampir mirip dengan PSBB, orang enggak boleh melakukan aktivitas di jam tertentu. Tapi, untuk kegiatan tertentu, misal orang yang harus ke pasar atau rumah sakit, itu dimungkinkan tetap jalan,” ujar Yana di Balai Kota Bandung, Kamis (3/9/2020).

Ia sendiri memandang warga tak perlu ‘diancam’ bahwa Pemkot Bandung akan memberlakukan jam malam jika kasus COVID-19 meningkat pesat. Ia lebih meminta warga untuk sadar dan disiplin menjalankan protokol kesehatan agar kasus COVID-19 tidak terus bertambah.

“Kalau saya sih sejauh ini minta kesadaran warga. Kita juga jangan nyingsieunan (menakut-nakuti). Karena jam malam itu konotasinya seperti horor atau sesuatu yang luar biasa,” tutur Yana. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Diserbu Komentar Bobotoh Henhen Tutup Kolom Komentar Instagramnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Buntut insiden intimidasi yang diduga dilakukan beberapa beberapa pemain Persib kepada bobotoh,…

2 menit ago

5.000 Umat Muslim Bandung Gelar Aksi Bela Palestina

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lebih dari 5.000 umat Muslim di Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa…

49 menit ago

372 Mahasiswa Magister dan Doktor Pascasarjana Unpas Ikuti Matrikulasi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 372 mahasiswa program Doktor dan Magister Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) mengikuti…

59 menit ago

Persib Diguncang Kabar Pemain Intimidasi Bobotoh

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kabar tak sedap datang dari Persib Bandung. Beredar kabar pemain Persib ada…

2 jam ago

Harga Pangan Bervariasi: Ayam dan Cabai Turun, Bawang Melonjak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pada Sabtu (21/9/2024) pagi, harga beberapa komoditas pangan seperti daging ayam ras,…

3 jam ago

Korban Gempa di Cibereum Mulai Mengeluh Penyakit Pasca Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah warga korban gempa bumi di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, mulai mengeluhkan…

4 jam ago