PASPENDIDIKAN

Pesan Rektor UNISBA Untuk 2.820 Mahasiswa Baru

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMRektor Universitas Islam Bandung (UNISBA), Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH. melantik 2.820 mahasiswa baru Tahun Ajaran 2020/2021 yang dilaksanakan dengan kombinasi daring (online) lewat Zoom Meeting dan etaaruf.unisba.ac.id serta secara luring (offline) di Aula UNISBA, Jalan Taman sari No 1 Kota Bandung pada Senin (14/09/2020).

Adapun secara luring,  dihadiri oleh 10 orang perwakilan mahasiswa baru dari 10 fakultas yang ada di Unisba, senat dan jajaran pimpinan baik ditingkat universitas dan fakultas.

2.820 mahasiswa baru yang dilantik terdiri dari Fakultas Syariah (213 mahasiswa), Fakultas Dakwah (98 mahasiswa), Fakultas Tarbiyah & Keguruan (238 mahasiswa), Fakultas Hukum (254 mahasiswa), Fakultas Psikologi (215 mahasiswa), Fakultas MIPA (310 mahasiswa), Fakultas Teknik (325 mahasiswa), Fakultas Ilmu Komunikasi (399 mahasiswa), Fakultas Ekonomi & Bisnis (580 mahasiswa) dan Fakultas Kedokteran (188 mahasiswa).

Dalam sambutannya Rektor mengungkapkan bahwa pelaksanaan sidang senat kali ini berjalan tidak seperti biasanya dengan kemegahan akademik dan kemeriahannya karena masih dalam situasi pandemi Covid 19, sehingga berjalan dengan penuh kesederhanaan. Meski demikian terang Rektor,  hal ini harus disikapi dengan rasa optimis yang tinggi.

“Kita harus memiliki rasa optimis yang tinggi, sebagai insan yang berusaha menyerap spirit 3M yakni mujahid, mujtahid dan mujaddid, kita tidak boleh menyerah karena berbagai halangan dan rintangan yang ada,” ucapnya.

Rektor berpesan kepada mahasiswa baru dalam menempuh pendidikan di Unisba untuk belajar dengan sungguh-sungguh sebagai calon pemimpin masa depan yang akan melukis wajah Indonesia dihari-hari mendatang. Di mana para mahasiswa akan menentukan Indonesia 20 tahunke depan.

“Sebagai mahasiswa baru kita juga harus mampu beradaptasi karena tantangan perkuliahan  dan dinamika masyarakat berubah dengan cepat sehingga memerlukan kecepatan berpikir, bergerak dan bertindak. Jadilah intelektual muda yang trengginas, serta mempunyai visi yang melampaui jaman tapi tetap berpegang teguh  pada tali agama. Persiapkan diri dengan baik, kampus ini akan berusaha memberikan yang terbaik, namun tanpa peran aktif mahasiswa hasilnya tentu tidak akan memuaskan,” paparnya.

Dikatakan Rektor, perkuliahan yang akan ditempuh  di Unisba tidak hanya disiplin ilmu saja tapi juga dengan ilmu agama.

“Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang akan saudara kuasai harus dibimbing dengan pemahaman agama yang baik, keduanya saling melengkapi. Jadi semuanya untuk keselamatan dan kesejahteraan dunia dan akhirat,” jelasnya.

Lebih jauh Rektor berpesan kepada mahasiswa baru agar dapat meluangkan waktunya untuk aktif diberbagai organisasi yang disediakan Unisba baik di bidang nalar, minat maupun bakat.

“Organisasi merupakan simulasi dunia nyata untuk mengasah soft skill. Untuk itu dengan organisasi maka akan belajar bersosialisasi, berkomunikasi, manajemen waktu, manajemen konflik, strategi, ketahanan dan lainnya,” pungkasnya.

Selain prosesi sidang senat, kegiatan ta’aruf yang berlangsung selama 3 hari hingga Rabu (16/09/2020) ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan lainnya seperti Pelatihan Pengenalan Diri Mu’min, Muslim dan Mukhsin (P3M) & Mujahid, Mujtahid dan Mujaddid (3M) dengan maksud dapat mengimplementasikan nilai-nilai Islam, dimana dalam kegiatan ini mahasiswa baru akan dibekali materi yang dipadukan dengan simulasi games yang disesuaikan.

Di samping itu, tausiyah oleh Prof. Dr. Dadang Kahmad, webinar dengan berbagai pembicara dan narasumber yang kompeten dibidangnya yakni Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Ketua LLDIKTI Wil. IV Jawa Barat, Prof Dr. Uman Suherman, serta  Fahd Pahdapie, DJ Arie, Popong Otje  Djunjunan dan special performance Ray Ex Nine Ball. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

56 menit ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

15 jam ago