PASBANDUNG

Mini Market Paling Banyak Langgar Protokol Kesehatan di Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPemkot Bandung catat, minimarket, toko mandiri dan sentra industri paling banyak melakukan pelanggaran protokol kesehatan.

“Paling banyak pelanggaran karena mereka tidak menggunakan masker, ada juga yang tidak menggunakan alat penyekat di kasir,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah, beberapa waktu lalu.

Elly mengatakan, pihaknya bahkan mempunyai bukti berupa foto di lokasi dan alamat lengkap untuk mereka yang melajukan pelanggaran.

Selain itu, Pemkot Bandung juga berencana membagikan 3 ribu – 4 ribu masker kepada pelaku sentra industri, yang tidak menggunakan masker.

Sebenarnya, lanjut Elly, pelanggaran dilakukan oleh pelaku usaha home industri yang bekerja di rumah masing-masing. Sedangkan untuk bagian pemasaran mereka sudah menggunakan masker dengan taat.

“Kalau yang di dalam rumah, mereka beranggapan bekerja di rumah mereka sehingga tidak harus menggunakan masker,” katanya.

Menurut Elly pihaknya sudah dan akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan termasuk di rumah.

Terlebih setelah Kota Bandung Masuk Zona merah, di mana relaksasi di beberapa bidang dikurangi.

Seperti diketahui, setelah masuk zona merah relaksasi di sektor  industri dan perdagangan kembali diperketat. Baik dari jam operasional mall dan minimarket yang awalnya buka sampai jam 21.00 WIB, sekarang hanya sampai pukul 20.00 WIB. Demikian juga dengan kapasitas di mall, dan minimarket yang dikurangi, asalnya 50%, Hadi hanya 30%.

“Namun, untuk penerapan di lapangan masih menunggu pengesahan Perwal. Karena untun gerai-gerai yang besar, harus menerima salinan Perwal untuk bahan laporan ke kantor pusat,” bebernya.

Elly mengatakan pada dasarnya pengurangan itu akan berdampak pada omset mall. Namun, para pengusaha sadar pentingnya mengurangi jam operasional dan kapasitas pengunjung, untuk menjaga kesehatan dan pengendalian penyebaran virus covid-19.

“Para pengusaha retail dan mall sudah menyatakan kesanggupannya dan akan mengikuti aturan yang diberlakukan,”  tambah Elly.

Dikonfirmasi terpisah, Branch Corporate Communication PT Sumber Alfaria Trijaya Tbt (Alfamart) Bandung, Elisa Refila mengatakan, pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan semaksimal mungkin di setiap gerai. Misalnya, menempel poster peringatan penggunaan masker bagi pengunjung, penyediaan hand sanitizer, dan tanda jarak aman untuk pengunjung.

“Sedari awal kita sudah menerapkan itu,” ujar wanita yang akrab disapa Icha ini.

Sedangkan untuk omset, meski dipastikan adanya penurunan dengan pengetatan jam operasional dan pengurangan kapasitas pengunjung, Icha berharap tidak akan signifikan.

“Kalau awal-awal pandemi covid 19, mungkin masyarakat lebih taat dan benar-benar stay at home. Tapi sekarang kan masyarakat sudah lebih santai

Sehingga diharapkan tidak mengurangi omset dalam jumlah yang signifikan,” paparnya.  (Put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

15 menit ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

1 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

1 jam ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

3 jam ago