HEADLINE

Promosi Doktor Suwardi Ulas Kinerja di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu

ADVERTISEMENT

*) Sidang Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas 

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMProgram Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka promosi doktor Suwardi, mahasiswa program  Doktor Ilmu Manajemen pada Selasa (15/12/2020) di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung.

Acara sidang ini pun diketuai oleh Direktur Pascasarjana Unpas, Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi M.Si.

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Komitmen Serta Implikasinya Pada Kinerja di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Se Bandung Raya (Studi di Polrestabes Bandung, Polresta Cimahi dan Polres Bandung) dengan Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana MS. sebagai Promotor dan Dr. H. Heru Setiawan SE., MM. Sebagai Co Promotor.

Dalam paparannya Suwardi mengungkapkan bahwa Polri dituntut melakukan reformasi internal dan melakukan perubahan secara fundamental di bidang instrumental, struktural dan kultural.

Saat ini institusi Polri sedang melaksanakan Reformasi Birokrasi Polri yang berpedoman kepada Undang Undang Nomor 17 tahun 2007, tentang rencana pembangunan jangka panjang Nasional periode tahun 2005-2025.

“Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa dan bagaimana kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap komitmen serta implikasinya pada kinerja di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Se Bandung Raya (Studi di Polrestabes Bandung, Polres Bandung Dan Polresta Cimahi) dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif,” jelasnya.

(foto : tan/pasjabar)

Hasil yang didapat secara keseluruhan pada SPKT Polsek Se Bandung Raya berada pada rentang cukup menunju baik berdasarkan hasil penilaian.

“Pengaruh langsung variabel Kepemimpinan transformasional terhadap Komitmen adalah sebesar 5,06% sedangkan pengaruh tidak langsungnya melalui Budaya Organisasi sebesar 3,09% dan pengaruh tidak langsungnya melalui Disiplin Kerja sebesar 6,63%” ucapnya.

Sementara itu, pengaruh langsung variabel Budaya Organisasi terhadap Komitmen adalah sebesar 11,32% sedangkan pengaruh tidak langsungnya melalui Kepemimpinan transformasional sebesar 3,09% dan pengaruh tidak langsungnya melalui Disiplin Kerja sebesar 6,39%.

(FOTO : TAN/PASJABAR)

Untuk pengaruh langsung variabel Disiplin Kerja terhadap Komitmen adalah sebesar 34,69% sedangkan pengaruh tidak langsungnya melalui Kepemimpinan transformasional sebesar 6,63% dan pengaruh tidak langsungnya melalui Budaya Organisasi sebesar 6,39%.

“Hasil penelitian menyatakan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap komitmen dan disiplin kerja berpengaruh terhadap komitmen sehingga setiap kenaikan disiplin kerja maka akan meningkatkan komitmen,” ulasnya.

Variabel komitmen, sambung Suwardi dipengaruhi secara positif oleh variabel kinerja. Ini berarti jika Komitmen meningkat maka kinerja akan meningkat setiap peningkatan dari komitmen akan memberikan derajat kontribusi terhadap peningkatan kinerja.

Dari sidang ini Suwardi pun dinyatakan lulus dengan IPK 3,61 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

(FOTO : TAN/PASJABAR)

Suwardi yang saat ini berprofesi sebagai  anggota Polsek Astana Anyar Polrestabes Bandung mengungkapkan bahwa ia sangat berterimakasih kepada keluarga Pascasarjana Unpas, di mana ia diberikan kesempatan untuk menimba ilmu dalam perkuliahan.

“Jika kita melihat pada saat proses kuliah maka saya telah dididik dibimbing kemudian diajarkan oleh dosen-dosen yang berkompeten di bidangnya dan nilai kekeluargaan serta kebudayaannya sangat tinggi di Pascasarjana Unpas ini,” pungkasnya. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

5 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago