PASBANDUNG

Siaga Nataru, Personel Kantor SAR Bandung Mulai Disebar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKantor SAR Bandung menyiagakan 93 personelnya untuk menghadapi masa liburan Natal dan Tahun Baru 2021. Mereka sudah disebar ke berbagai lokasi di Jawa Barat dan bertugas hari ini hingga 4 Januari 2021.

Para personel dilepas Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung Supriono di Kantor SAR Bandung, Jumat (18/12/202). Operasi siaga itu disesuaikan dengan kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dalam suasana Natal dan tahun baru.

“Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus dengan tujuan mewujudkan pelayanan SAR yang profesional, sinergi, dan militan untuk mendukung kebijakan pemerintah dan melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” kata Supriono membacakan sambutan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, S.E., M.M.

Dalam pelaksanaan operasi ini, Basarnas tak bertugas sendirian. Mereka bekerja sama dengan kementerian atau lembaga terkait, seperti Kementerian Perhubungan, TNI/Polri, pemprov, pemkab/pemkot, gugus tugas COVID-19, serta potensi SAR lainnya.

Kesiapsiagaan Basarnas sendiri harus selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun, baik dari segi koordinasi, kesiapsiagaan personel, serta peralatan dan keterampilan. Tujuannya untuk meningkatkan kecepatan waktu tanggap jika terjadi kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia.

“Beberapa hal yang perlu saua tekankan kepada semua petugas Siaga SAR Khusus Nataru ini agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait, menjaga nama baik organisasi, ikuti prosedur yang ada, tunjukkan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi, dan militan,” jelasnya.

Ia juga berpesan, agar para petugas mengutamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi bagi petugas dan masyarakat. Yang tak kalah penting, jangan pernah kendor dalam penerapan protokol kesehatan.

Sementara itu, kekuatan 93 personel yang ada tersebar di Pos SAR Tasikmalaya, Pos SAR Cirebon dan KN 206 Bandung. Berbagai peralatan juga sudah disiapkan demi kelancaran dalam bertugas.

Sedangkan lokasi posko yang disiagakan oleh Kantor SAR Bandung terdiri dari posko utama di Kantor SAR Bandung, Pos SAR Tasikmalaya, dan Pos SAR Cirebon. Ada juga tim mobile di Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut, Cikopo Purwakarta, Tol Cipali KM 102 dan 164, Waduk Dharma Kuningan, dan Nagreg.

“Dengan kekuatan persone dan alat yang dimiliki, Kantor SAR Bandung siap melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” tandasnya. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Ledia Hanifa: Kenaikan Biaya UKT Sebagai Langkah Sembrono, Tidak Solutif dan Tidak Nyambung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Melihat keluhan dan penolakan atas kenaikan biaya UKT di berbagai kampus negeri…

2 jam ago

Persib Dipastikan Tampil di Final Liga 1

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung melenggang ke final Liga 1 2023/2024. Kepastian itu didapatkan setelah…

2 jam ago

Cegah Pengangguran Karena Lonjakan Penduduk Paska Lebaran, DPRD Kota Bekasi Minta Pemkot Mendata Penduduk Baru

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Moment mudik Lebaran 2024 memang sudah berakhir. Namun, permasalah kependudukan biasanya terjadi…

6 jam ago

Seminar Nasional Hima Pendidikan Biologi FKIP Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Himpunan mahasiswa Pendidikan biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan (Hima…

7 jam ago

Marak Aksi Tawuaran Antar Remaja, DPRD Kota Bekasi Beri Perhatian

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kenakalan remaja di Kota Bekasi sudah masuk kategori darurat, jadi bom waktu…

8 jam ago

Rektor Unpas Ingin Lulusan Miliki Sertifikasi Kompetensi

*)Sebanyak 1241 Mahasiswa Unpas Dilantik Menjadi Sarjana BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM –  Rektor Universitas Pasundan (Unpas) Prof.…

9 jam ago