PASBANDUNG

Bar dan Café di Bandung ‘Kucing-Kucingan’ Selama PSBB

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMTernyata selama masa pemberlakuan PSBB proporsional di Kota Bandung, Banyak Café dan Bar yang melakukan aksi ‘kucing-kucingan’ saat membuka dan menutup tempatnya.

Padahal secara aturan Bar dan Café harus menutup usahanya pada pukul 20.00, “Beberapa hari yang lalu ada laporan bahwa diJL Sulanjana ada bar dan cafe yang pasang musik kecang,” ujar Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, Senin (18/1/2021).

Untuk itu Ema sudah memerintahkan kepada jajaran untuk mengecek, apa izin yang dikantongi cafe tersebut. Apakah ada pelanggaran izin atau tidak.

Selain itu, lanjut Ema, pihaknya juga menerima laporan ada cafe yang tutup jam 20.00. namun pukul 22.00 buka kembali. “Jadi jam operasional mereka itu kucing-kucingan,” tambah Ema.

Karenanya, Ema meminta jajaran Sapol PP dan aparat kewilayahan untuk mengawasi cafe tersebut dengan ketat.

Ema kembali menegaskan bahwa Perwal 1 Tahun 2021 harus ditegakkan tanpa ada pengecualian.

Di sisi lain, laporan juga diterima dari warga Kelurahan Sukajadi, yang melaporkan bawah salah satu cafe di Jl Karang Sari masih beroperasional hinggap pukul 02.00.

“Nyaris tiap hari kafe tersebut buka dan itu sangat menggangu kami sebagai warga,” ungkap salah seorang warga Kelurahan Sukajadi, Arman kepada wartawan Senin (18/1/2021).

Warga mengaku sangat terganggu dengan hal ini. Karenanya, mereka mengaku sudah mengadukan kepada aparat setempat RT, RW, Polsek, bahkan Satgas Covid-19 kewilayahan. Namun sayang, hingga saat ini belum ada tindakan.

“Sampai saat ini belum ada perubahan, dan mereka bilang nanti ditindaklanjuti,” paparnya.

Arman menjelaskan, bahkan sampai Minggu (17/1/2021) cafe masih masih beroperasi hingga tengah malam lebih. “Tadi malam saja masih buka sampai pukul 24.00 WIB, padahal sesuai aturan selama PSBB harusnya pukul. 20.00 WIB,” bebernya.

Arman berharap, hal tersebut bisa ditindaklanjuti oleh aparat setempat. Pasalnya banyak warga yang merasa terganggu. “Apalagi ada warga yang masuk usia lansia, tentunya keberadaan mereka mengganggu dengan tidak mentaati aturan. Mohon segera ditindak,” tuturnya.

Sementara saat dikonfirmasi kepada pihak Kecamatan Sukajadi, TB Agus Mulyadi mengaku pihaknya telah menindaklanjuti keluhan warga. “Kalo pada saat kita datang mereka sudah siap sesuai ketentuan buka pukul 16.00 WIB dan tutup Pukul 19.00 WIB. Dan ada spare jam s/d pukul 20.00 untuk yangg melakukan take away,” kata TB Agus.

Lebih jauh juga menyarankan warga agar melalukan laporan ke Satpol PP. “Lapor kan aja ke Satpol PP, penutupan bukan oleh kita,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, kepala Bidang Penegakan Hukum Daerah, pada satpol PP Kota Bandung Idris Kuswandi mengatakan, untuk pelanggan yang terjadi merupakan kewenangan kewilayahan. “Kewenangan kami adalah menyegel,” terangnya.

Jadi, lanjut Idris, jika kewilayahan tidak sanggup menyelesaikan masalah, baru menjadi kewenangan Satpol PP.

“Kalau warga mau melaporkan, silahkan ke aparat kewilayahan. Kalau sudah tidak mempan baru kita turun tangan,” tegasnya. (Put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

57 menit ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago