PASOLAHRAGA

Robert Minta PSSI Tak Hanya Gulirkan Liga

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts berharap segera ada kepastian soal kompetisi. Selain itu, ia meminta PSSI juga tak melupakan rencana menggulirkan turnamen seperti Piala FA di Inggris.

Format turnamen ala FA itu sebenarnya sempat bergulir beberapa tahun lalu dengan nama Copa Indonesia. Namun, Copa Indonesia akhirnya tak pernah lagi digelar dalam beberapa tahun.

Turnamen yang ada lebih banyak turnamen pramusim seperti Piala Presiden, Piala Bhayangkara, hingga Piala Jenderal Sudirman. Satu-satunya di luar liga yang masih konsisten digelar hanya Piala Presiden.

Dalam Owner’s Meeting PT LIB dengan perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2, wacana soal Copa pun tak muncul. Yang ada hanya pembahasan soal keinginan klub terkait masa depan kompetisi.

“Jangan lupakan Piala FA (Copa) karena saya hanya mendengar masukan soal liga (dalam Owner’s Meeting),” ujar Robert.

Kehadiran turnamen seperti Piala FA itu menurutnya sangat penting. Sehingga, sepak bola Indonesia tak hanya mengandalkan kompetisi sebagai satu-satunya pertandingan kompetitif.

Apalagi, dulu tim yang menjuarai Copa punya kesempatan untuk tampil di ajang AFC Cup. Sedangkan yang terjadi belakangan, justru juara Piala Presiden-lah yang didorong mewakili Indonesia di ajang tersebut.

Padahal, jika merunut dari sejarahnya, Piala Presiden awalnya hanya sekadar turnamen untuk mengisi kevakuman kompetisi. Karena itulah Copa perlu dihidupkan kembali. Sebab, turnamen itu akan jadi semacam kompetisi kedua bagi tim di Indonesia untuk menuai prestasi, bahkan mewakili negara di event internasional.

“Saya belum melihat ada masukan mengenai Piala FA. Padahal ini adalah cara kedua bagi klub Indonesia maju ke kompetisi AFC, tapi tidak pernah disebut,” ungkapnya.

“Saya pikir Piala FA harus tetap diperhatikan karena di negara lain Piala FA adalah turnamen penting kedua setelah liga,” tegas Robert. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

58 menit ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

15 jam ago