PASBANDUNG

Memaknai Prosesi Memandikan Rupang di Vihara

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSebelum perayaan Imlek alias tahun baru China, di vihara atau kelenteng biasanya ada prosesi memandikan rupang. Rupang ini juga kerap disebut patung yang merupakan manifestasi alias perwujudan dewa-dewi.

Di Vihara Dharma Ramsi, Kota Bandung, memandikan rupang ini jadi tradisi tahunan sebelum Imlek. Untuk tahun ini, prosesi memandikan patung bakal dilakukan mulai 2 Februari 2021.

Waktu itu dipilih karena ada perhitungan tertentu. Yang jelas, pada tanggal tersebut, para dewa-dewi yang ‘mengisi’ rupang sedang keluar.

“Tanggal 2 Februari itu dewa-dewa pergi keluar dari rupang,” kata Asoey, umat yang aktif berkegiatan di Vihara Dharma Ramsi, saat ditemui di lokasi, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, dewa-dewi biasanya ‘mengisi’ rupang. Namun, pada 2 Februari itu, berdasarkan kalender China, mereka akan kembali ke kahyangan. Beberapa hari kemudian, dewa-dewi itu akan kembali ke bumi dan ‘mengisi’ rupang.

Saat itulah rupang baru boleh dibersihkan karena sedang ‘kosong’. Proses pembersihan pun dilakukan sangat teliti oleh para umat.

“Kalau membersihkan rupang itu harus hati-hati betul, harus konsentrasi, jangan bergurau,” ujar Asoey.

Ia pun menekankan soal jangan bergurau. Menurutnya, karena rupang merupakan benda sakral, jangan sampai justru canda-tawa dan gurauan membuat konsentrasi yang memandikan rupang terganggu. Ujung-ujungnya, sikap seperti itu berpotensi membuat rupang jatuh atau rusak.

Lalu, kenapa rupang harus dibersihkan sebelum Imlek? Itu sebagai simbol penyucian diri dalam menatap tahun yang baru.

Sehingga, setelah Imlek, warga keturunan Tionghoa diharapkan jadi pribadi yang ‘bersih’ dan lebih baik. Selain itu, membersihkan patung merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap dewa-dewi. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Ledia Hanifa: Kenaikan Biaya UKT Sebagai Langkah Sembrono, Tidak Solutif dan Tidak Nyambung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Melihat keluhan dan penolakan atas kenaikan biaya UKT di berbagai kampus negeri…

5 jam ago

Persib Dipastikan Tampil di Final Liga 1

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung melenggang ke final Liga 1 2023/2024. Kepastian itu didapatkan setelah…

5 jam ago

Cegah Pengangguran Karena Lonjakan Penduduk Paska Lebaran, DPRD Kota Bekasi Minta Pemkot Mendata Penduduk Baru

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Moment mudik Lebaran 2024 memang sudah berakhir. Namun, permasalah kependudukan biasanya terjadi…

9 jam ago

Seminar Nasional Hima Pendidikan Biologi FKIP Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Himpunan mahasiswa Pendidikan biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan (Hima…

11 jam ago

Marak Aksi Tawuaran Antar Remaja, DPRD Kota Bekasi Beri Perhatian

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kenakalan remaja di Kota Bekasi sudah masuk kategori darurat, jadi bom waktu…

11 jam ago

Rektor Unpas Ingin Lulusan Miliki Sertifikasi Kompetensi

*)Sebanyak 1241 Mahasiswa Unpas Dilantik Menjadi Sarjana BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM –  Rektor Universitas Pasundan (Unpas) Prof.…

12 jam ago