PASBANDUNG

Si Merah Siap Dipajang

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPerayaan Imlek identik dengan kehadiran lilin ‘raksasa’ alias berukuran besar. Beratnya pun bisa mencapai puluhan kilogram hanya untuk satu lilin.

Di Kota Bandung, salah satu lokasi pembuatan lilin ini adalah di Vihara Dharma Ramsi yang ada di kawasan Cibadak. Di sini, pembuatan lilin ‘raksasa’ sudah berlangsung puluhan tahun.

Pesanan biasanya datang jauh-jauh hari sebelum Imlek, begitu juga proses produksinya. Sehingga, menjelang Imlek, lilin tinggal dikirim ke pemesan.

“Produksi lilinnya sudah dari lama dilakukan, sekitar enam bulanan lalu sudah mulai produksi,” kata Ujang (48), pegawai yang ditugaskan di bagian produksi lilin, saat ditemui di lokasi, Selasa (2/2/2021).

Di Vihara Dharma Ramsi, pesanan biasanya datang dari berbagai wilayah di kawasan Bandung Raya. Khusus pesanan dari umat yang biasa beribadah di Vihara Dharma Ramsi, lilin biasanya akan ditempatkan di sana.

Sehingga, saat malam pergantian tahun China, mereka akan datang untuk sembahyang dan menyalakan lilin. Penyalaan lilin ini menandai bergantinya tahun dalam kalender China.

Saat ini, lilin-lilin tersebut sudah selesai diproduksi. Pekerja pun sedang menuntaskan proses akhir untuk menyelesaikan pembuatan lilin.

Saat ditemui, Ujang sedang menyiapkan plastik berisi tulisan dalam huruf Mandarin. Plastik itu akan dipasang pada lilin yang sudah ‘matang’.

Huruf dalam plastik itu merupakan doa dan harapan dari pemesannya untuk setahun yang akan dijalani ke depan. Sehingga, lilin yang ada tidak akan tertukar di antara sesama pemesan.

Di Vihara Dharma Ramsi, lilin akan ditata khusus dan ditempatkan di area antara pintu gerbang dan area dalam vihara. Hal ini akan dilakukan beberapa hari ke depan. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

6 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago