PASBANDUNG

Jadi Tempat Berkerumun Beberapa Ruas Jalan Bandung Tetap Ditutup

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBeberapa ruas jalan di Kota Bandung, masih akan ditutup selama pandemic Covid-19. Hal itu diungkapkan Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna beberapa waktu lalu.

“Kami menerima laporan ruas jalan Lingkar Selatan dan Lengkong kecil masih berpeluang menjadi akses kerumunan. Makanya kami mempertimbangkan untuk menutup ke dua akses jalan tersebut,” ujar ketua harian tim gugus tugas pencegahan penyebaran Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna, kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Ema mengatakan kepatuhan warga Kota Bandung sekarang memang cenderung mengalami penurunan. Baik dari sisi penggunaan masker, menjaga jarak, dan penerapan protokol kesehatan lainnya.

“Yang paling susah untuk dicegah adalah berkerumun dan mobilitas yang cenderung masih tinggi,” jelas Ema.

Meski demikian, saat ini Pemkot Bandung sedang mengusahakan relaksasi ekonomi yang sekarang didorong lebih luas. Misalnya untuk kapasitas, yang awalnya hanya 30%, sekarang tengah didorong menjadi 50%.

“Kita juga dengan rutin melakukan tracing dan testing. Bahkan kami menambah sekitar 370 orang tenaga kesehatan di puskesmas untuk semakin memperluas proses 3T,” papar Ema.

Tim Satgas Penanganan covid 19 bersama Forkopimda Kota Bandung hingga pada peride 2 (5 Februari – 18 Februari 2021) terus melakukan pemantauan. Hasil dari pemantauan lapangan ditemukan bahwa terjadi 283 pelanggaran penggunaan masker (meningkat 70.22% dari Periode 1 pada 27 Januari – 5 Februari 2021).

“Padahal sebelumnya kita sempat diapresiasi karena masyarakat mempunyai tingkat kepatuhan yang tinggi. Tapi sekarang kepatuhan itu relatif turun,” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid 19 Kota Bandung, jika dibandingkan tanggal 5 Februari dengan data per tanggal 17 Februari 2021 menunjukan bahwa Kota Bandung masih dalam zona resiko sedang dengan total konfirmasi kasus di Kota Bandung adalah sebesar 11.330 (bertambah 1440 kasus). kasus konfirmasi ini mengalami kenaikan sebesar 14.56% dimana lebih tinggi dibandingkan Provinsi (6,71%) dan Nasional (10.38%).

“Hal ini menunjukan transmisi penyebaran covid 19 di Kota Bandung masih tinggi,” kata Ema.

Data konfirmasi aktif di Kota Bandung, secara angka mengalami penurunan sebesar 82 kasus (dengan total 1.021). Penurunan jumlah kasus aktif ini terjadi karena jumlah penambahan kasus lebih rendah dari periode sebelumnya dengan persentase mengalami penurunannya sebesar 7.43%, persentase ini di antara Provinsi (-3.79%) dan persentase di level Nasional (-9.16%).

“Angka kesembuhan bertambah sebanyak 1500 pasien yang sudah sembuh (total 10.084 pasien) dengan presentasi sebesar 89% kesembuhan,” tuturnya.

Sedangkan ersentase kematian akibat covid 19 di Kota Bandung menurun hingga ke angka 1.99%. Persentase ini berada sedikit di atas Provinsi (1,14%) dan dibawah level Nasional (2.71%), positivy rate di Kota Bandung kini mencapai 18,49%. (Put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Ribuan Warga Masih Bertahan di Pengungsian Gempa Kertasari, Butuh Makanan dan Selimut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Empat hari setelah gempa bumi mengguncang Kertasari, ribuan warga masih bertahan di…

9 menit ago

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

1 jam ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

2 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

13 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

14 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

15 jam ago