HEADLINE

Mendagri Sentil Kepala Daerah, Minta Damkar Diperhatikan

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PAJABAR.COMMendagri Tito Karnavian menyentil para kepala daerah. Sebab, di beberapa daerah, keberadaan pemadam kebakaran dinilai belum mendapat perhatian penuh dari kepala daerahnya.

“Pada praktiknya, di beberapa daerah, beban tugas dan risiko pekerjaan yang ditanggung pemadam kebakaran saya melihat belum mendapat apresiasi memadai. Ketimpangan antardaerah dalam penyelenggaraan urusan kebakaran masih terasa,” kata Tito dalam peringatan HUT ke-102 Pemadam Kebakaran di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Senin (1/3/2021).

Ia meminta mereka memberi perhatian dan apresiasi terhadap pemadam kebakaran di masing-masing daerah. Tujuannya agar kinerja pemadam kebakaran bisa bekerja lebih maksimal.

“Kebakaran adalah salah satu tantangan pemerintah, kepala daerah, yang jadi persoalan masyarakat,” cetusnya.

Pemadam kebakaran sendiri tak hanya punya tugas memadamkan api. Mereka punya kemampuan untuk melakukan penanganan animal rescue, bencana alam, serta beragam masalah lainnya.

Karena beban tugas tinggi dan berbahaya itu, sudah selayaknya pemadam kebakaran mendapat perhatian, mulai dari kelayakan gaji hingga sarana dan prasarana pendukung kerja mereka.

“Saya mohon kepada rekan-rekan kepala daerah, tolong berikan perhatian kepada jajaran pemadam kebakaran,” ungkapnya.

“Kemudian yang kedua adalah anggarannya, dianggarkan yang betul-betul memadai, dengarkan suara aspirasi dari jajaran damkar apa yang dibutuhkan, untuk tunjangan mungkin, sarana-prasarana peralatan agar mereka bisa bekerja maksimal,” jelas Tito.

Selain itu, ia juga meminta para kepala daerah meningkatkan kemampuan para petugas pemadam kebakaran. Sebab, mereka punya tugas yang banyak, bukan hanya memadamkan api. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

8 menit ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 menit ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

11 menit ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

1 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

2 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

2 jam ago