HEADLINE

Covid -19 Buat Anak Kecanduan Gawai, Disdik : Konsekuensi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBanyak anak kecanduan gawai, Pemkot Bandung hanya bisa beri himbauan. Hal ini lantaran siswa memang dituntut untuk belajar menggunakan gawai selama pandemic Covid-19.

“Anak yang sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain gawai, merupakan satu konsekuensi dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Seperti diketahui, sejak pandemi covid 19 menyergap Indonesia, pelajaran yang disampaikan dari jarak jauh, menggunakan gawai. Sehingga, mau tidak mau anak-anak jadi lebih sering beraktivitas dengan menggunakan gawai. “Ya mau bagaimana lagi,” sambung Yana.

Yana mengatakan, yang bisa dilakukannya, hanyalah memberikan himbauan agar orang tua bisa mengawasi anaknya, sehingga mereka hanya menggunakan gawai ketika dibutuhkan saja.

Meski demikian, Yana mengakui, tidak mudah mengawasi anak agar menggunakan gawai seperlunya.

“Kan tidak semua orang tua bisa memantau aktifitas anaknya di rumah. Ketika mereka menggunakan gawai, kan orang tuanya sedang bekerja, jadi jamnya bentrok. Ya kalau ada yang beruntung bisa dipantau orang tua nya. Kalau tidak ya mereka beraktifitas sendiri,” katanya.

Di sini lain, Yana juga meminta Dinas Pendidikan (Disdik Kota Bandung) untuk bisa memberikan dan menyampaikan materi dengan lebih beragam. Agar anak-anak tidak bosan dengan pembelajaran jarak jauh.

“Walaupun memang pada akhirnya, mereka tetap akan menggunakan gawai. Tapi setidaknya, harus dengan pola yang baik,” terangnya.

Disinggung mengenai rencana Pemkot Bandung untuk mempercepat proses belajar tatap muka, Yana mengatakan itu sangat bergantung pada kebijakan pusat.  “Ya, sedikit sedikit kita kurangi penggunaan gawai. Tapi semua bergantung kebijakan pusat,” tuturnya.

Dihubungi terpisah, kepala Dinas Pangan dan Pertanian ( Dispangtan) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan ketertarikan anak-anak di kota Bandung terhadap gawai, menghambat program chikenisasi

“Kemarin pada tahap pertama, sebetulnya sudah kita siapkan untuk tahap berikutnya. Cuman pas mau digulirkan ketemu sama pandemi, jadi sulit untuk mengkoordinasikan dengan anak-anak karena harus ada pendampingan dan sosialisasi,” kata Gin Gin.

Gin Gin juga akan kembali berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung untuk membahas kembali keberlanjutan program ini.

“Kita koordinasikan sama Disdik, sementara Disdik menunda dulu, padahal dari sisi chicken atau DOC sudah kita siapkan. Enggak tahu pas nanti normal kembali pas tatap muka (dilanjutkan lagi),” ujarnya.

Meski program ini terkendala karena pandemi COVID-19, Gin Gin menyebut DOC untuk program ini digunakan di program Urban Farming yang dimana DOC tersebut disalurkan langsung kepada warga.

“DOC kita kemarin siapkan indukan, sudah banyak DOC, cukup untuk anak sekolah. Karena ditunda, DOC nya diberikan kepada kelompok Urban Farming dan Buruan Sae,” jelasnya. (Put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Tanggap Darurat Gempa, Pemkab Bandung Terus Gulirkan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi Kabupaten Bandung dari sejak terjadi…

33 menit ago

Pemkab Bandung Terus Optimalkan Penanganan Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus fokus dan mengoptimalkan penanganan bencana gempa yang…

2 jam ago

Fluktuasi Harga Pangan: Beras SPHP Turun, Cabai Merah Keriting dan Telur Naik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat adanya fluktuasi harga pada beberapa komoditas pangan…

3 jam ago

Dimas Drajad, Idola Baru Bobotoh Persib yang Menggila

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dimas Drajad kini menjelma jadi idola baru bagi Bobotoh Persib. Sebab, penyerang…

4 jam ago

Purwakarta Hadirkan Wisata Literasi, Ajak Anak-Anak Berwisata Tanpa Gawai

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Wisata literasi menjadi salah satu wisata pilihan di Kabupaten Purwakarta. Wisata literasi…

5 jam ago

Persib Pantang Lihat Madura United Sebelah Mata

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akan segera dijamu Madura United dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

7 jam ago