HEADLINE

HMTL FT Unpas Peringati Hari Air Sedunia “Save Water Save Life”

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Fakultas Teknik (FT) Universitas Pasundan memperingati hari air sedunia yang jatuh Pada 22 Maret lewat Talkshow HIKCTA “Hari Ini Kita Cerita Tentang Air” dengan tema “save water save life” yang dilaksanakan via zoom meeting conferece, pada Sabtu (20/3/2021)

Turut menjadi narasumber dalam kegiatan ini Chairman and Fonder Indonesia Water Institute, Ir. Firdaus Ali, M.Sc., Ph.D., dan Head of External Affair and Communication WaterID, Nastya Purawinata M.BA.

“Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan in adalah untuk meningkatkan awareness mahasiswa maupun masyarakat secara umum mengenai pentingnya air, menambah wawasan, dan dapat bijak menggunakan air,” terang panitia sekaligus mahasiswa Teknik Lingkungan FT Unpas, Nurdian Hari A. kepada Pasjabar, Selasa (23/3/2021).

Nurdian menambahkan bahwa kesadaran mengenai air ini adalah dengan mengingat bahwa bukan kita saja yang berhak menikmati air, anak cucu kita juga berhak mendapatkan air bersih seperti yang kita dapatkan di hari ini.

“Jika bukan kita yang menjaganya dari sekarang, bisa jadi di masa yang akan datang air bersih sulit untuk ditemui,” sambungnya.

Nurdian menambahkan bahwa talkshow berjalan lancar dan para peserta pun terlihat antusias dalam mengikuti acara karena para narasumber memaparkan materi dan topik yang menarik untuk dibahas dengan bantuan moderator yang membawa suasana menjadi menyenangkan.

“Para peserta juga berani mengemukakan pendapat maupun pertanyaan kepada narasumber mengenai topik yang dibahas. Disamping itu para peserta sadar bahwa air itu penting untuk keberlanjutan hidup umat manusia, dengan adanya hal tersebut menjadi salah satu faktor juga bagi para peserta untuk menjadi aktif dan meningkat kepeduliannya terhadap air,” tandasnya.

Sementara itu, panitia lainnya, Fadila Nuraprilia menambahkan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan karena pada saat ini kondisi air di Indonesia maupun dunia berada dalam kondisi yang memprihatinkan, di mana kualitas, kuantitas, dan kontinuitas air berada dalam titik yang rendah.

“Di samping itu karena air salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup. Setiap hari semua makhluk hidup membutuhkan air bersih terutama manusia,” ujarnya.

Dengan air bersih, terang Fadila manusia dapat memanfaatkanya untuk kebutuhan sehari-hari. Selain untuk kebutuhan sehari-hari air bersih dimanfaatkan oleh manusia untuk minum, kita ketahui bahwa 80% tubuh manusia merupakan air.

“Dapat dibayangkan jika di bumi ini kekurangan air bersih maka dapat dipastikan bahwa semua makhluk hidup dapat mengalami kematian.
Maka penting adanya kegiatan ini untuk meningkatkan awareness kita dalam menghargai air sesuai dengan tema hari air sedunia tahun 2021 ini yaitu valuing water,” imbuhnya.

Fadila pun berharap setelah diselenggarakannya acara ini para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan awareness mereka terhadap air dan dapat beraksi juga dalam menjaga air, agar air yang kita nikmati saat ini juga bisa dinikmati oleh generasi mendatang agar keberlanjutan air dapat terjamin.

“Kedepannya untuk follow up dari kegiatan ini, kami akan mengadakan aksi kapanye online dan offline melalui pembuatan twibbon dan biopori di sekitar kampus IV UNPAS,” pungkas Fadila. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

6 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

8 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

8 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

10 jam ago