PASOLAHRAGA

Robert Beberkan Makna Selebrasi Unik Frets Butuan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Nama pemain Persib Bandung Frets Butuan mencuri perhatian publik pecinta sepak bola Indonesia. Yang pertama, ia menjadi pencetak gol yang menghindarkan Persib dari kekalahan oleh Bali United di laga Grup D Piala Menpora 2021.

Kedua, ia melakukan selebrasi unik. Seusai mencetak gol penyamaka skor menjadi 1-1, Frets berlari ke tengah lapangan. Ia kemudian berlutut dan mengacungkan tangan kanannya ke atas.

Di saat yang sama, para pemain Persib mengelilingya dengan jarak beberapa meter. Mereka juga melakukan hal serupa.

Pelatih Robert Alberts mengatakan selebrasi itu sudah dirancang sebelum laga. Sebab, panitia sudah mengimbau agar siapapun yang mencetak gol untuk tidak melakukan selebrasi berpelukan seperti yang kerap terjadi dalam pertandingan sepak bola.

“Itu bukan selebrasi Frets, melainkan selebrasi gol tim Persib. Sebelum  pertandingan kemarin, kami mendapat imbauan dari panitia untuk tidak melakukan selebrasi gol dengan saling berpelukan karena situasi COVID-19,” ujar Rober, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Piala Menpora digelar untuk mendapatkan izin digelarnya Liga 1. Karena itu, protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat, termasuk tidak berpelukan di antara sesama pemain.

Karena itu, ia membahas secara khusus soal selebrasi usai mencetak gol bersama tim. Sehingga, ketika gol tercipta, pemain bisa merayakannya, tapi dengan cara berbeda dan mematuhi protokol kesehatan.

“Di saat yang sama, ada kejadian soal perundungan (dialami pemain PSM Makassar Patrich Wanggai) di sosial media berkaitan dengan rasisme, yang menurut kami sangat lah buruk dan tidak perlu terjadi,” jelas Robert.

Sehingga, selebrasi yang dilakukan Persib dan para pemain punya dua makna penting. Pertama adalah tetap mengampanyekan protokol kesehatan, kedua adalah menentang rasisme. Pemain pun sepakat dan akhirnya melakukan selebrasi tersebut.

“Ini cara baru Persib merayakan gol, masih bersama-sama, tapi kami membentuk lingkaran dengan salah satu pencetak gol duduk di satu titik dan meneriakkan menang bersama,” tandas Robert. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

2 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

2 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

12 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

14 jam ago