PASBANDUNG

Karena Pandemi, Pengangguran di Bandung Naik

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSelama Pandemi Covid-19, pengangguran di Kota Bandung naik dari 105.067 orang, menjadi 147.081.

“Jumlah ini dipengaruhi faktor pandemi dan bonus demografi,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (DIsnaker) Kota Bandung, Arief Saefudin, kepada wartawan, Selasa (30/3/2021).

Arief mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk mengatasi tingginya angka pengangguran di Kota Bandung. Beberapa di antaranya adalah, mengadakan job fair online.

Menurut Arief, perusahaan yang mengikuti job fair tahun lalu, lebih banyak ketimbang tahun ini. “Kalau tahun lalu, yang ikut job fair ini sekitar 40 perusahaan. Tahun ini hanya 25-30 perusahaan,” katanya.

Meski demikian, lanjut Arief, hal ini menunjukkan masih ada perusahaan di Kota Bandung yang masih bisa bertahan di Kota Bandung.

“Tidak semua perusahaan di Kota Bandung kolaps. Masih ada yang bisa bertahan dan tidak terdampak covid-19. Tinggal bagaimana kita bisa bersaing mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan,”  paparnya.

Meski job fair diselenggarakan di Kota Bandung, namun yang melamar kerja tidak hanya berasal dari kota Bandung, bahkan ada yang berasal dari Jawa Timur.

“Menurut catatan kami, ada satu pabrik yang 65 % karyawannya merupakan warga Kota Bandung. Harapan saya, prosentasenya bisa lebih besar, misalnya 80% warga Kota Bandung, 20% warga luar Kota Bandung,” paparnya.

Menurut Arief, yang harus dimiliki pencari kerja selain kemampuan akademis, juga kemampuan berbahasa asing.

“Karena salah satu kendala yang dihadapi pencari kerja, adalah ketidak mampuan menguasai bahasa asing. Terutama yanng ingin mencari kerja ke luar negeri,” paparnya.

Arief menceritakan, bagaimana pencari kerja yang mengikuti pelatihan untuk bekerja ke Jepang, dari 32 orang yang mengikuti pelatihan, hanya 2 orang yang lolos, karena terkendala bahasa.

“Kalau kemampuan akademis mereka standar ya, bisa didapatkan dan dikuasai dengan mudah. Yang sulit adalah kemampuan bahasa,” tuturnya.

Untungnya, lanjut Arief, pihak Kota Toyota Jepang, memfasilitasi untuk belajar lagi. Sehingga masih ada kesempatan lagi, tinggal bagaimana memanfaatkannya.

Selain menggelar job fair, Arief juga mengatakan pihaknya menggelar pelatihan. Jika sebelumnya pelatihan dilakukan secara online, sekarang bisa dilakukan secara offline, hanya saja harus memperhatikan protokol kesehatan yang tinggi. (Put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

6 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago