PASOLAHRAGA

Hadirkan Degradasi, Liga 1 Pakai Format Baru

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKongres Biasa PSSI yang digelar di Hotel Raffles, Jakarta, pada Sabtu (29/5/2021) tuntas digelar. Dipimpin Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Kongres ini menghasilkan beberapa keputusan, terutama terkait kompetisi.

Iriawan bersyukur Kongres berjalan sukses, aman, dan lancar. Ia pun mengapresiasi para peserta, tamu undangan, dan voters PSSI.

“PSSI berharap semua program di tahun 2021 ini dapat berjalan dengan baik. Kami tentu membutuhkan dukungan semua pihak seperti anggota, pemerintah dan lain-lainnya,” kata Iriawan di laman resmi PSSI.

Soal kompetisi musim depan, sejauh ini belum bisa digelar. Sebab, PSSI masih menunggu izin keramaian dari Polri. Meski begitu, ia yakin secepatnya izin akan segera keluar.

Dalam Kongres juga dibahas soal penetapan pergantian nama beberapa klub. Sebab, ada beberapa klub Liga 2 yang berganti kepemilikan, termasuk berganti nama.

“Tadi ada pergantian sejumlah nama klub. Seperti Rans Cilegon United FC, Dewa United Martapura, PSG Pati, dan lain-lain. Tentu kami berharap kompetisi Liga 1, 2, dan 3 cepat bergulir karena muara dari kompetisi dapat terbentuk Timnas Indonesia yang kuat,” jelas Iriawan.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan keinginan PSSI untuk dibangunkan kantor dan training camp bakal diwujudkan. Ia pun sudah mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Saya sedang diskusi dengan Pak Ketum PSSI di mana kira-kira. Ada beberapa (lokasi), tentu bukan hanya satu, ada beberapa opsi yang dipersiapkan,” ucap Amali.

Soal Kongres PSSI, ia berharap kegiatan tersebut jadi pelecut untuk membangun sepak bola Indonesia yang lebih baik. Apalagi hal itu sudah didukung kepercayaan publik terhadap PSSI yang kini lebih baik.

“Oleh karena itu, Kongres ini juga bisa memperlihatkan kepada publik bahwa inilah pengelolaan sepak bola yang baik dan mudah-mudahan ke depan semakin maju,” ungkapnya.

“Sehingga kepercayaan ini akan makin bertambah dan semakin banyak orang tertarik untuk ikut di dalam sepak bola Indonesia,” tutur Amali.

Pakai Format Basket, Liga 1 Digelar 10 Juli

Dalam Kongres Biasa PSSI tersebut, diputuskan kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digelar mulai 10 Juli 2021. Namun, kepastian apakah tanggal ini berubah atau tidak akan bergantung pada izin keramaian dari Polri.

Sebab, hingga kini Polri belum menerbitkan izin. Padahal, sebelumnya sempat dikabarkan izin akan keluar pada 27 Mei 2021.

Kompetisi diputuskan bakal menerapkan sistem promosi dan degradasi. Yang menarik, Liga 1 akan berjalan dengan format baru. Format yang dipakai mirip dengan yang diberlakukan pada kompetisi basket.

Liga 1 2021/2022 bakal menggunakan format series. Total, akan ada enam series yang digulirkan dalam kompetisi yang dijadwalkan berakhir Maret 2022 mendatang. Lokasi pertandingan seluruhnya bakal digelar di Pulau Jawa. Konsepnya memakai bubble to bubble seperti yang diterapkan di Piala Menpora 2021.

Dengan konsep ini, setiap tim akan bertanding di satu kota dalam 1,5 bulan untuk setiap series. Setelah itu, setiap tim diberi libur satu bulan dan boleh kembali ke daerah asal untuk berlatih serta menghindari kejenuhan.

Series pertama rencananya bakal digelar di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Series kedua di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sedangkan series ketiga dan keempat bakal digelar di Jawa Timur.

Selanjutnya, series kelima akan digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Untuk seri terakhir alias seri keenam, bakal dihelat di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

6 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

8 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

9 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

9 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

10 jam ago