PASBANDUNG

Oded Berharap Pusat Tidak Memperpanjang PPKM Darurat

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMWacana memperpanjang PPKM yang dilontarkan Mentri Keuangan Sri mulyani ditanggapi dingin oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial, bahkan ia meminta pemerintah pusat tidak memperpanjang PPKM darurat.

Meski demikian, pihaknya akan mengikuti apa yang sudah menjadi kebijakan pusat. “Kita kan pemerintah daerah, ya harus mengikuti apa yang sudah menjadi aturan yang ditetapkan pemerintah pusat,” ujar Oded melalui sambungan telepon.

Oded mengatakan, pihaknya harus terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi jika PPKM diperpaang apalagi jika perpanjangan dilakukan hingga 6 minggu.

“Kita terus melakukan rapat koordinasi, walaupun kami WFH, tapi saya Bersama Pak Wakil dan Pak Sekda beserta Forkopimda,” terangnya.

Beberapa Langkah yang dilakukannya, lanjut Oded, adalah dengan melakukan refokusing. Di mana anggaran akan dialihkan untuk membantu orang-orang yang terdampak Covid-19, terutama orang yang tidak termasuk ke dalam DTKS.

Meski demikian, Oded berharap tidak PPKM tidak harus diperpanjang. “Ini kan masih ada waktu satu minggu lagi untuk melihat perkembangan covid-19 di Kota Bandung. Mudah-mudahan dalam satu minggu ini, tidak ada lagi pertambahan angka terkonfirmasi positif,” harapnya.

Oded mengakui, masih banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat di Kota Bandung. Untuk itu, Oded mengatakan pihaknya tengah melakukan evaluasi apa yang sebenarnya terjadi pada warga Kota Bandung.

“Di awal-awal penerapan PSBB, Kota Bandung ini kan paling bagus, bahkan dijadikan contoh. Kenapa sekaranng tinngkat kepatuhan masyarakat jadi menurun,” sesal Oded.

Oded bahkan belum bisa memastikan, apakah mereka yang berektifitas di Kota Bandung itu merupakan warga Kota Bandung, atau dari luar. Untuk itu, Oded mengaku pihaknya terus melakukan evaluasi.

“Evaluasi terus dilakukan, agar kita bisa segera melakukan Tindakan. Sehingga mobilitas bisa benar-benar ditekan,” tegasnya.

Disinggung siapa masyarakat yang kemungkinan akan terdampak PPKM jika diperpanjang adalah, masyarakat menengah ke bawah. Untuk itu, Oded mengatakan pihaknya terus mencari jalan keluar untuk membantu warganya yang membutuhkan.

Disinggung mengenai kemungkinan diberlakukannya surat tanda registrasi pekerja (SRTP), Oded mengatakan, bagaimanapun bentuknya, pihaknya akan terus melakukan upaya agar kegiatan masyaraat bisa dikurangi untuk menekan angka penularan covid-19 di Kota Bandung. (put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

3 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

4 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

5 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

6 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

6 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

6 jam ago