PASNUSANTARA

Atasi Kasus COVID-19, RS Lapangan Disiapkan di Bandung

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COMTingginya kasus COVID-19 belakangan ini membuat pemerintah mengambil langkah cepat. Salah satunya terus menambah kapasitas kamar rumah sakit.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan di Jakarta sudah disiapkan 1.000 tempat tidur di Wisma Haji. Rinciannya, 900 tempat tidur biasa dan 100 untuk ICU. Ini dilakukan atas kerja sama dengan RS Pertamina.

“Kami juga mengupdate mengenai tambahan sekitar 300 tempat tidur di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan juga kami update tambahan 300-500 (kamar) lagi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Pertamina di Jakarta,” kata Erick dalam konferensi pers virtual,beberapa waktu lalu.

Dengan tambahan kapasitas tempat tidur ini, penanganan COVID-19 yang melonjak di Jakarta diharapkan bisa lebih tertangani. Sebab, ada banyak kamar yang bisa digunakan pasien yang memerlukan penanganan.

“Jadi total mungkin ada persediaan hampir 2.000 tempat tidur tambahan yang sedang dipersiapkan untuk pasien dengan kategori sedang,” jelasnya.

Langkah lainnya, Erick mengatakan sudah bekerja sama dengan kementerian lain. Pihaknya sudah mengidentifikasi beberapa tempat untuk membangun rumah sakit darurat di daerah lain. Salah satu lokasinya adalah di Bandung.

“Kami bekerja sama dengan tim dari Kementerian PUPR sudah mengunjungi Bandung dan juga Jawa Tengah dan sudah megnidentifikasi beberapa tempat untuk pembangunan rumah sakit lapangan yang memberikan tambahan tempat tidur kalau memang diperlukan,” tuturnya.

Namun, ia tidak menyebut secara rinci di mana saja lokasi calon rumah sakit darurat tersebut. Selain itu, tim juga terus bergerak mencari calon rumah sakit darurat di tempat lain.

“Tim sekarang sudah terus jalan ke Surabaya untuk mengidentifikasi potensi kalau diperlukan adanya tambahan tempat tidur,” ucap Erick. (ors)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

50 menit ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

54 menit ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

4 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

11 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

12 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago