HEADLINE

Raka Mahasiswa Unpas Gunakan Kelebihan Untuk Hal Bermanfaat

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM–
Anak muda memiliki tenaga dan waktu yang lebih banyak. Kita harus manfaatkan kelebihan tersebut dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Hal ini disampaikan oleh Raka Mahasiswa Unpas.

Menurut Raka kegiatan yang bermanfaat dapat dilakukan setidaknya untuk diri sendiri terlebih dahulu. Seperti berolahraga secara rutin.

“Olahraga adalah cara yang paling praktis untuk menghilangkan stres, saat olahraga tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin. Hormon tersebut berfungsi untuk menghilangkan tekanan dan rasa khawatir dalam diri,” terang Raka kepada PASJABAR, Sabtu (24/7/2021).

Selama di rumah aja, terang Raka bisa saja kita mengalami rasa tertekan dan khawatir. Perasaan tersebut tidak baik bagi tubuh jika tidak segara diatasi.

Selain itu kita sebagai anak muda bisa mengerjakan hal-hal yang sebelumnya tertunda karena kesibukan.

“Masa Pandemi harus kita manfaatkan untuk menyelesaikan hal-hal tersebut. Seperti menulis, membaca buku atau menonton film sekalipun,” ucapnya saat ditanya tips mengisi waktu di masa pandemi.

Pemuda bernama lengkap Raka Imam Tantio ini mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan selama pandemi. Belakangan ini dirinya fokus menekuni hobi dalam bidang otomotif.

“Saya memiliki beberapa motor tua tahun 90 an dalam kondisi rusak. Pelan-pelan saya perbaiki motor itu dan membeli spare part secara online,” ucapnya.

“Kegiatan tersebut cukup mengisi waktu saya selama di rumah, apalagi setelah tahu bahwa motor lawas dengan kondisi yang prima bisa dijual dengan harga tinggi,” imbuhnya.

Raka menambahkan bahwa hal yang sangat menyenangkan ketika kita bisa menghasilkan uang dari hobi.

“Selain itu saya juga belajar beberapa hal baru pada saat pandemi. Salah satunya adalah mempelajari beberapa software graphic design, seperti Adobe illustrator dan Adobe Photoshop,” terang Raka Mahasiswa Unpas Jurusan Sastra Inggris.

Selama berkuliah, Raka memiliki profesi sebagai seorang Freelance Graphic Designer dengan software Corel Draw.

“Oleh karena itu, ketika saya memiliki waktu senggang saat pandemi ini, saya fokus meningkatkan kemampuan saya di bidang desain,” ujarnya.

Raka bercerita ketika pandemi Covid 19 mulai melanda, Awalnya cukup membuatnya frustasi, karena kehidupan ketika pandemi sangat dibatasi dan tidak sebebas dulu.

“Saya terpaksa harus menunda proses bimbingan skripsi selama beberapa bulan, karena beberapa hal. Ini yang membuat proses skripsi saya terhambat, mengingat saya tidak mau jika sidang skripsi saya harus ditunda lagi,” urainya.

“Namun saya mensiasatinya dengan terus bersabar dan Alhamdulillah semua berjalan sesuai keinginan, dan saya bisa menyelesaikan sidang tepat waktu,” tandasnya.

Dalam mencari inspirasi, terang Raka banyak cara yang ia lakukan untuk mendapatkan inspirasi di tengah pandemi.

Salah satunya adalah membaca kisah inspiratif dari tokoh-tokoh yang sesuai dengan minat dan bakat kita.

“Hal positif yang saya dapatkan di masa pandemi ini. Saya jadi memiliki waktu lebih untuk menekuni hobi. Selain itu saya juga fokus mempelajari hal-hal baru untuk meningkatkan kemampuan diri,” terangnya Pinilih Wakil 1 Jajaka Kota Sukabumi 2019 ini.

Salah satu hal baru yang Raka dapatkan adalah ilmu marketing digital.

Baru-baru ini Raka mempelajari ilmu marketing dari internet dan e-book, lalu mengimplementasikannya langsung pada usaha barunya.

“Pada kondisi pandemi saat ini saya memanfaatkannya dengan membuka usaha hampers. Banyak orang yang kesulitan merayakan hari spesialnya. Saya melihat peluang tersebut dan mencoba terjun langsung dalam bisnis hampers,” ulasnya Duta Kampus Unpas 2019 dan peraih Runner up Winner Kompetisi Video Nasional Geospasial.

Terakhir Raka juga berpesan bahwa kita harus fokus dengan hal-hal yang dapat meningkatkan value diri.

“Masa pandemi bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan di bidang lain. Yuk jangan kelamaan rebahan, tapi buatlah perubahan,” pungkasnya memberi semangat. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

3 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

4 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

5 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

5 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

6 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

6 jam ago