PASNUSANTARA

Tebar Harapan untuk Bangkit Bersama Lewati Badai Pandemi

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM– Pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dinilai Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi sektor yang paling terdampak pandemi covid-19.

Namun, semangat masyarakat diharapkannya tak boleh pudar, harapan harus terus dipupuk untuk bangkit bersama melewati badai pandemi.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno dalam diskusi virtual bersama pelaku usaha parekraf Bandung pada Kamis (29/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengutip pesan mendalam mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Obama menyatakan langkah terbaik untuk bangkit adalah melakukan hal baik dan menebar harapan.

‘The best way to not feel hopeless is to get up and do something. Don’t wait for good things to happen to you. If you go out and make some good things happen, you will fill the world with hope, you will fill yourself with hope’.

‘Cara terbaik untuk tidak merasa putus asa adalah bangkit dan melakukan sesuatu. Jangan menunggu hal-hal baik terjadi pada Anda. Jika Anda pergi keluar dan membuat beberapa hal baik terjadi, Anda akan memenuhi dunia dengan harapan, Anda akan mengisi diri Anda dengan harapan’.

Oleh karena itu, lanjutnya, optimisme harus terus disampaikan, karena optimisme kini merupakan komoditas yang semakin langka.

“Obama kan bilang bahwa ternyata harapan itu merupakan satu vitamin yang selalu mampu untuk membangkitkan semangat kita untuk mencari solusi bersama,” ungkap Sandiaga Uno pada Kamis (29/7/2021).

Diakuinya, peristiwa pengibaran bendera putih yang dilakukan para pelaku usaha parekraf secara serentak di sejumlah daerah pada beberapa waktu lalu itu sempat viral di media sosial.

Aksi tersebut diungkapkan Sandiaga Uno merupakan bentuk aspirasi atas beragam keluhan dan kesulitan yang dialami mereka selama pandemi covid-19.

Oleh karena itu, pihaknya telah membuka Posko Bendera Putih untuk menebar semangat dan harapan mereka.

Benar saja, tidak berselang lama setelah dibuka, Posko Bendera Putih diungkapkan Sandiaga Uno langsung dibanjiri lebih dari 1.700 aduan masyarakat.

“Dan betul memang keluhannya beragam, dan kita sama sekali nggak bisa mengelompokkannya ini tugas ini, ini tugas itu, karena sebetulnya ini tugas bersama,” ungkap Sandiaga Uno.

“Jadi kuncinya itu adalah adaptasi, inovasi dan kolaborasi. Kita harus saling bergandengan tangan agar bisa melewati badai ini,” tambahnya dalam rilis yang diterima PASJABAR.

Bersamaan dengan hal tersebut, pihaknya kini tengah merampungkan penyaluran bantuan pemerintah untuk usaha pariwisata.

Bantuan yang sebelumnya disalurkan dalam konsep dana hibah itu dijelaskannya akan diarahkan kepada para pelaku usaha, sehingga usaha tetap dapat bertahan dan mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Mudah-mudahan bisa dipercepat untuk bisa disalurkan kepada para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang benar-benar terdampak,” ujar Sandiaga Uno.

“Jadi yang harus digarisbawahi adalah semangat, harapan di tengah tantangan. Saya yakin kalau kita bekerjasama dan bergandengan tangan kita bisa bertahan dan bangkit,” tutupnya. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

10 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

11 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

12 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

13 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

14 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

15 jam ago