PASNUSANTARA

Ayo Divaksin, Bangkit dan Menang Lawan Pandemi Covid 19!

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM– Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa vaksinasi menjadi salah satu kunci dalam upaya menekan penyebaran COVID-19 dengan terciptanya kekebalan komunal (herd immunity).

Sehingga ekonomi dapat bangkit dengan terbukanya kembali lapangan kerja. Khususnya di pariwisata dan ekonomi kreatif yang merupakan salah satu sektor dengan tingkat multiplier effect tinggi.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga saat membuka secara daring dua kegiatan vaksinasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan vaksinasi pertama digelar di Poltekpar Lombok bertajuk “Presisi Merdeka Goes To Campus di Poltekpar Lombok” serta “Gerakan Vaksinasi Pelaku Wisata dan Masyarakat di Gili”.

Vaksinasi massal di Poltekpar Lombok akan berlangsung pada 12-13 Agustus 2021 yang merupakan hasil kolaborasi. Antara Politeknik Pariwisata Lombok dengan Polda NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.

Target penerima vaksin sebanyak 800 peserta, yang terdiri dari mahasiswa Poltekpar, mahasiswa IPDN, dan masyarakat umum.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan apresiasinya kepada pihak penyelenggara. Dalam membantu menyukseskan program vaksinasi nasional. Kegiatan ini, dikatakannya bagian dari pada gercep, geber, dan gaspol.

“Kita harapkan ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity. Khususnya di wilayah Lombok, NTB. Karena vaksinasi ini adalah kunci kita untuk bisa menang melawan pandemi,” katanya, Kamis (12/8/2021).

Menparekraf menjelaskan menurut data dari Kemenkes pada 11 Agustus 2021. Target vaksinasi untuk wilayah Nusa Tenggara Barat yakni sekitar 3,9 juta masyarakat.

Sementara yang sudah menerima vaksinasi untuk dosis pertama baru sebanyak 15,4 persen. Dan untuk dosis kedua sebesar 6,7 persen.

“Berarti kita harus mengakselerasi dan kita harus all out untuk mendistribusikan vaksin ini ke masyarakat NTB. Dan juga kita harus tingkatkan distribusi penyediaan stok obat-obatan. Dosis vaksin, oksigen, vitamin, yang semakin tersedia kedepan,” ujar Sandiaga.

Sejak Februari 2021, Kemenparekraf sudah memvaksin lebih dari 160 ribu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di berbagai daerah.

Hal ini tentu berkat kerja sama dengan dunia usaha, institusi pendidikan. Serta stakeholder lainnya.

Menparekraf dorong buka sentra vaksinasi

Untuk itu, Menparekraf terus mendorong agar seluruh unsur pentahelix ‘berkolaboraksi’ untuk menghadirkan sentra vaksinasi. Agar target yang ingin dicapai oleh Kemenparekraf sampai dengan September 2021. Untuk memvaksin lebih dari 450 ribu pelaku parekraf dan masyarakat dapat tercapai.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak menunda vaksin, serbu sentra vaksinasi terdekat. Yakinkan kerabat dan keluarga untuk segera divaksin. Karena vaksin ini sudah terbukti menjadi benteng kuat, seandainya kita terkena virus, maka gejalanya cenderung ringan atau tanpa gejala sama sekali,” kata Menparekraf, dalam rilis yang diterima PASJABAR.

Ia juga berpesan agar masyarakat yang belum atau yang sudah divaksin. Tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Plt. Direktur Politeknik Pariwisata Lombok, yang diwakili oleh Kasubag Akademik, Tanggap Sasmita, mengatakan. Pandemi COVID-19 cukup mempengaruhi aktivitas akademik di Politeknik Pariwisata Lombok. Terlebih pada jenjang pendidikan vokasi yang memerlukan kehadiran tatap muka. Antara pengajar maupun mahasiswa secara langsung untuk mendapatkan skill yang diperlukan.

“Kita berharap program vaksinasi ini tidak berhenti begitu saja, tapi secara target dan dosisnya dapat ditingkatkan. Sehingga, kegiatan perkuliahan tatap muka dapat kembali berjalan, agar SDM yang kita hasilkan jauh lebih baik dan lebih unggul,” katanya.
Ketua Tim Vaksinasi Polda NTB yang diwakili oleh Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho SIK, menghimbau “Mari kita dukung program Pemerintah dalam pencegahan penyebaran Virus Covid-19 khususnya di Wilayah kabupaten Loteng yang merupakan gerbang masuk Provinsi NTB dan memiliki destinasi super prioritas Presiden yakni KEK Mandalika yang dalam waktu dekat akan melaksanakan event besar. Terima kasih kepada kampus Poltekpar Lombok yang telah mendukung dan menyiapkan sarana prasarana dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Presisi Merdeka Goes To Campus,” ucapnya.
Sementara untuk vaksinasi di kawasan Tiga Gili, Menparekraf mengatakan vaksinasi merupakan kunci untuk menggerakkan kembali roda perekonomian di kawasan tersebut yang saat ini tercatat sebagai zona hijau.

“Kawasan Tiga Gili hingga saat ini belum lagi ditemukan kasus COVID-19. Untuk itu mari kita jaga dengan vaksinasi agar roda perekonomian kembali bergerak. Dan lapangan kerja kembali terbuka,” kata Sandiaga.

Vaksinasi tebarkan optimisme

Sandiaga mengatakan vaksinasi juga bertujuan untuk menebar optimisme di tengah-tengah masyarakat NTB. Khususnya di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

Sandiaga mengapresiasi keikutsertaan seluruh masyarakat Tiga Gili yang berjumlah 2.100 orang dalan program vaksinasi ini.

Bupati Lombok Utara, Djohan Samsu, yang hadir di lokasi vaksinasi mengapresiasi. Pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan pada 12-14 Agustus 2021.

“Insyaallah dalam tiga hari, seluruh masyarakat Tiga Gili akan menerima vaksinasi,” ungkap Djohan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Kepolisian Daerah NTB, Inspektur Jenderal Polisi M. Iqbal.

“Semoga lewat vaksinasi ini pariwisata bisa kembali menggeliat. Dan ekonomi tetap produktif,” kata Iqbal.

Turut mendampingi Menparekraf Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani; Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung; Kepala Biro SDMO Kemenparekraf/Baparekraf, Cecep Rukendi. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

2 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

3 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

4 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

4 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

5 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

5 jam ago