HEADLINE

Promosi Doktor Mohamad Sukri Analisis Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Pada Karyawan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Mohamad Sukri, mahasiswa program doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik pada Rabu (25/8/2021).

Acara yang digelar di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung ini diketuai oleh rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Perusahaan Koperasi Primer Nasional (Studi Pada Koperasi Astra Internasional dan Koperasi Benteng Mikro Indonesia).

Tim promotor diketuai oleh
Prof. Dr. H. Bambang Heru P.M.S dan Prof. Dr. H. Rully Indrawan M.Si. sebagai co promotor.

Dalam paparannya Sukri mengulas bahwa penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh motivasi kerja secara parsial terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Koperasi.

“Penelitian ini untuk menganalis pengaruh budaya organisasi secara parsial terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Koperasi,” ujarnya.

Di samping itu, sambung Sukri juga untuk mengetahui dan menganalis pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi secara simultan terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Koperasi.

“Selanjutnya untuk mengetahui dan menganalis strategi perbaikan apa yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan pada Perusahaan Koperasi khususnya terkait dengan Motivasi kerja dan Budaya Organisasi,” paparnya.

Adapun hipotesis yang diajukan yakni terdapat pengaruh motivasi kerja yang signifikan terhadap kinerja karyawan pada perusahaan koperasi.

“Terdapat pengaruh budaya kerja yang signifikan terhadap kinerja karyawan perusahaan koperasi. Dan terdapat pengaruh motivasi kerja dan budaya orgnanisasi secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan perusahaan koperasi,” ujarnya.

Kemudian, sambung Sukri terdapat rumusan hasil konfirmasi penelitian dari pendapat para ahli atau experts judgment. Tentang strategi perbaikan dalam meningkatkan kinerja karyawan koperasi. Khususnya yang terkait dengan motivasi kerja dan budaya organisasi.

Penelitian ini menggunakan Mixed methods research design atau rancangan penelitian metode campuran. Dengan kombinasi Concurrent Embedded penelitian adalah karyawan Koperasi Astra Internasional dan karyawan Koperasi Syariah Benteng Mikro.

Populasi penelitian sebanyak 1056, penetapan sampling dengan rumus slovin sebanyak 290 responden.

“Penelitian ini menyatakan bahwa Motivasi kerja dan budaya organisasi sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan koperasi,” ujarnya.

Faktor motivasi secara parsial, terang Sukri cukup signifikan pengaruhnya dalam peningkatan kinerja karyawan. Demikian pula faktor Budaya kerja mempunyal pengaruh terhadap peningkatan kinerja.

“Maka kedua faktor baik Motivasi kerja maupun budaya organisasi secara bersama sama. Mempunyai pengaruh yang signifikan dalam peningkatan kinerja karyawan koperasi,” tandasnya.

Hasil dari sidang ini, Mohamad Sukri dinyatakan lulus dengan IPK 3,55 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

Selama berkuliah di Unpas Sukri mengatakan bahwa ia sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Unpas.

“Unpas luar biasa, pengajar ramah dan fasilitasnya sangat baik. Saya menyarankan untuk kuliah S3 di Unpas saja. Unpas adalah pilihan yang baik,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

54 menit ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

2 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

3 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

3 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

3 jam ago