PASBANDUNG

Jadi Pionir SPBE di Indonesia, Kota Bandung Mantap Jadi World Class City

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Pemerintah Kota Bandung merupakan pionir penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Indonesia dan memantapkan diri menjadi world class city.

Saat ini Pemkot Bandung juga terus berinovasi dalam mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik terpadu melalui SPBE.

Terlebih di masa pandemi saat ini, penyesuaian sistem kerja dan kegiatan tatap muka dibatasi. Meski dibatasi, penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik dituntut tetap berjalan dengan baik.

Sehingga pemberian layanan kepada masyarakat dengan menerapkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi alternatif pelayanan publik yang perlu dioptimalkan khususnya dalam tatanan normal baru.

Beberapa jenis pelayanan tersebut antara lain layanan kependudukan, perizinan, dan perpajakan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat memberikan sambutan pada acara penilaian Kemenpan-RB terkait SPBE secara virtual di Balai Kota Bandung, Rabu (1/8/2021).

“Sistem pemerintah berbasis elektronik juga telah membantu pelaksanaan tugas internal pemerintah menjadi lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan keuangan, pengadaan barang dan jasa, kepegawaian dan jaminan akuntabilitas kinerja,” ucap Yana.

SPBE Membuka Peluang Peran Aktif Masyarakat

Menurutnya, dengan SPBE, masyarakat Kota Bandung ikut berperan aktif dalam membangun Kota Bandung mulai dari perencanaan kota melalui musrembang elektronik, pengaduan dan aspirasi masyarakat melalui Lapor!.

“Termasuk sharing ide dan inkubasi melalui forum datathon, serta bergabung di Badami (Bandung Diskusi dan Monitoring Inovasi),” jelasnya.

Namun Yana menyadari penerapan SPBE di Kota Bandung masih jauh dari kesempurnaan.

Oleh karenanya kolaborasi aparat dan masyarakat saat ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas SPBE Kota Bandung

“Kota Bandung membuka seluas-luasnya peluang kolaborasi dan berbagi aplikasi. Karena tidak semua harus kita bangun, namun kita bisa membangun bersama,” ajaknya

“Semoga upaya ini bisa menjadi modal kuat untuk memecahkan berbagai masalah kota dengan solusi yang inovatif, terintegrasi serta berkelanjutan dan memantapkan Bandung sebagai world class city,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brilyana mengatakan, salah satu yang mendasari penerapan SPBE di Kota Bandung karena sebagian besar penduduk Kota Bandung pengguna internet.

“Sebanyak 85,2 persen atau 2,1 juta dari 2,5 juta penduduk bandung adalh pengguna internet, jadi otomatis di masyarakatnya ingin mendapatkan pelayanan secara online, cepat, dan tepat,” kata Yayan.

“Jadi pemerintahnya juga harus meningkatkan penggunaan internet dan TIK dalam penggelolaan pemerintahnya,” tuturnya.(*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

55 menit ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago