PASBANDUNG

Pemkot Bandung Minta TokoPedia Bantu UMKM

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPemkot Bandung meminta platform TokoPedia bantu UMKM di Kota Bandung untuk bisa meningkatkan daya jual. Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

“Sebagaiamana kita ketahui pandemi Covid-19 menjadi hambatan untuk mengembangkan usaha. Karenanya sangat diharapkan bantuan platform online untuk membantu UMKM,” ujar Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, dalam acara virtual media briefing: semarak Hari Jadi Ke 211 Bandungdan Skselerassi Tumbuh Kembang UMKM Makmin Lokal, Kamis (23/9/2021).

Yana menegaskan, pelaku UMKM merupakan sektor yang paling kuat dan paling tahan terhadap kondisi krisis. Sementara itu, kepada para pelakku UMKM, Yana meminta agar melakukan inovasi dan berkerasi, agar bisa meningkatkan kualitas sehingga bisa berasing.

“Mudah-mudahan pascapandemi ini ekonomi kembali pulih. Karena UMKM termasuk yang paling tahan dengan krisis, kami berharap mudah-mudahan pelaku UMKM juga bisa berkembang dengn baik,” harapnyna.

Selain itu, Yana berharap, TokoPedia bisa memberikan pendampingan mulai cara packaging dan menentukan harga-harga, sehingga mereka bisa bersaing.

Menanggapi hal ini, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah TokoPedi, Emmiryzan, mengatakan pada kuartal ke II tahun 2021 mengalami kenaikan sekitar 60% dari kuartal sebelumnya.

“kami sudah memberikan dukungan untuk pelaku UMKM salah satunya dengan gencar melancarkan kempane,” terangnya.

Sasarannya, selain membantu pelaku UMKM, juga untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya. Selain itu, TokoPedia juga punya program toko mart yang bisa memberikan pelayanan jual beli sembako dari toko ke pembeli terdekat.

TokoPedia juga punya program Bangga Produk Indonesia, agar produk buatan anak negeri bisa menjadi raja di negeri sendiri.

“Karena sekarang TokoPedia juga memiliki layanan online untuk memberikan pelayanan kepada warga Kota Bandung memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya di Pasar Cihapit yang melayani pembelian dengan online,” paaprnya.

Menurut Emmiryzan, pihaknya juga memberikan penampingan bagi para pelaku UMKM terutama untuk yang pertama mengakses platform ini. Mulai dari cara bagaimana cara pakai Tokopedia, cara buka toko, cara upload sampai cara pengiriman.

“Kami memang memberikan pendampingan secara langsung, agar target kita untuk meningkatkan daya  dan  para pelaku UMKM segera tercapai,” tambahnya.

Emmiryzan juga mengupayakan agar TokoPedia bisa menampung penjual  baru sebanyak-banyaknya. Disinggung mengenai produk apa saja yang banyak laris di tokoPedia, Emmiryzan mengatakan makanan masihmenjadi favorit. Seperti seblak, batagor dan makanan khas Kota Bandung lainnya. (put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

BRIN Jelaskan Fenomena ‘Bulan Kembar’: Bukan Bulan Kedua, Hanya Asteroid

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menjelaskan fenomena…

23 menit ago

STKIP Pasundan Cimahi Penyumbang Atlet, Medali Terbanyak Jabar Hattrick PON

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – STKIP (Sekolah Tinggi Kependidikan dan Ilmu Pendidikan) Pasundan Cimahi, menjadi kampus penyumbang…

55 menit ago

Bobotoh Persib Kompak Keluarkan Pernyataan Sikap

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah organisasi Bobotoh Persib kompak mengeluarkan pernyataan sikap bersama menyikapi persoalan…

1 jam ago

Mensos Hadiri Wisuda Lulusan Poltekesos: Siap Hadapi Tantangan Sosial

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial RI, Saifullah Yusuf, hadir dalam wisuda program magister dan sarjana…

2 jam ago

Pameran Otomotif Terbesar, GIIAS Bandung 2024 Siap Digelar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2024 akan digelar…

3 jam ago

Mensos Soroti Tantangan Kesejahteraan Sosial untuk Generasi Muda

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial (Mensos) Saifullah Yusuf menyoroti sejumlah tantangan kesejahteraan sosial yang…

4 jam ago