PASBANDUNG

Meski Dikepung Banjir, DPU Sebut Jumlahnya Berkurang

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMeskipun Kota Bandung dua hari ini dikepung banjir, namun Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Klaim titik banjir cileuncang berkurang.

Seperti diketahui, sebelumnya ada 67 titik,  menurut Kepala DPU Kota Bandung, Didi Ruswandi titik cileuncang berkurang, sehingga sekarang hanya ada 32 titik.

“Dari 33 titik ini, ada 17 titik yang kemarin mengalami genangan dan banjir besar,” ujar Didi kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Beberapa titik yang mengalami banjir adalah Komplek Graha indah Cimindi, JL Cimindi, Jl Setrawangi, dan JL Babakan Cibeureum.

Sedangkan titik yang mengalami genangan di antaranya, JL Kopo Citarip, JL Pasir Koja, JL Ibrahim Adji, JL Rumah Sakit dan JL Margacinta.  “Untuk di Komplek Graha Indah Cimindi yang terendam sampai 1 RW,” jelas Didi.

Sedangkan si beberapa titik lainnya genangan tidak mencapai 2 jam sudah surut.

Didi menjelaskan, untuk menangani banjir di perbatasan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemkot Cimahi.

“Kita akan sowan ke sana meminta persetujuan mereka untuk membangun parkir air. Kalau mereka setuju, tindakan lakukan segera,” kata Didi.

Menurut Didi, sebenarnya beberapa saat yang lalu usaha da kesepakatan untuk menangani banjir di perbatasan. Namun Pemkot Cimahi berkeberatan rencana awal.

“Tadinya pemerintah pusat akan melakukan perbaikan di jalan nasional. Tapi Pemkot Cimahi menolak lantaran jika hal itu diperbaiki maka khawatir di wilayahnya Bakan terjadi banjir besar. Pasalnya jika jalan nasional diperbaiki, Sungai Cibeureum yang menjadi penyebab banjir harus dinormalisasi juga,” papar Didi.

Untuk itu, yang harus dilakukan sekarang adalah membangun parkir air. Namun itu melakukan hal itu, lanjut Didi, pihaknya harus melakukan survey ke hulu sungai, agar bisa diketahui akan dibangun di mana parkir air tersebut.

“Kalau pemerintah  Cimahi setuju, kita akan buatkan parkir air. Karena mereka hanya punya lahan, namun tidak punya anggaran untuk pembangunan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, untuk mengatasi banjir di perbatasan memang harus ada campur tangan dari pemerintah provinsi. “Ini kan sudah masuk lintas wilayah, kita tidak bisa mengatasinya secara parsial,” tuturnya.

Untuk itu, Oded mengatakan pihaknya sudah mengadakan pertemuan dengan Pemkot Cimahi dan memerintahkan Kepala DPU untuk segera menindaklanjutinya. (Put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

11 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

12 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

13 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

13 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

14 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

14 jam ago