PASBANDUNG

Bapenda Kota Bandung Berhasil Raih Pajak Hingga Rp 1,3 Triliun

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMHingga Oktober 2021, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung mencatat sudah berhasil meraih pajak sebesar Rp1,3 triliun, dari target setelah direvisi sebesar Rp1,8 triliun.

“Catatan tersebut per Oktober 2021, kita masih ada dua bulan lagi, mudah-mudahan bisa segera tercapai, minimal diangka Rp1,6 triliun,” ujar Kepala Sub Bidang Pengembangan Potensi Pajak Daerah pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung, Deden Saepuloh.

Deden mengatakan, pendapatan terbesar masih dari PBB dan BPHTB dengan raihan untuk PBB sekitar Rp457 miliar dan BPHTB Rp400 miliar.

“Untuk BPHTB dan PBB memang biasanya banyak masuk pada akhir tahun, jadi pasti ada penambahan PAS,” terang Deden.

Deden mengakui, pendapatan tahun lalu dengan tahun ini memang tidak mengalami banyak perbedaa. Kateba sama-sama masih di tengah pandemi dan terjadi lock down.

“Sekarang kan hotel dan restoran meskipun sudah boleh dibuka dan beroperasi, namun belum bisa maksimal. Untuk hotel sana kapasitas nya masih 50 persen,” tambahnya.

Disinggung mengenai target tahun depan, Deden mengatakan sekitar Rp2,3 triliun. Memang naik dibandingkan tahun ini. Namun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya memang bekum maksimal.

“Kalau meikhat kondisi covid masih pulih, ya memang agak susah,” terangnya.

Disinggung mengenai pajak reklame, sekarang dalam masa peralihan dari penarikan pajak by izin, sekarang menjadi by tayang.

“Namun, sekarang sedang dalam proses untuk reklame yang tidak berizin pajaknya akan lebih besar dibanding yang berizin,” tegasnya.

Namun, ditanya mengenai berapa persisnya perbedaan pajak itu, Deden mengatakan, belum tahu pasti nya. “Kemungkinan sih selisihnya sekitar 50%. Jadi lebih baik mengurus dulu perizinannya,” terangnya.

Untuk realisasi pajak reklame sendiri, Deden mengatakan sudah terealisasi Rp14 miliar dari target Rp16 miliar, atau sekitar 94 persen. (Mur)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Prodi Fotografi Unpas Jelajahi Destinasi Unik di Sumedang dan Majalengka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program Studi Fotografi Universitas Pasundan atau Unpas kembali mengadakan kegiatan tracking poin…

42 menit ago

Perapihan Kabel Udara Capai 42 Titik Ruas Jalan Kota Bandung Sepanjang 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung terus melakukan upaya merapikan kabel…

2 jam ago

Firasat Dimas Drajad Mengenai Laga Persib vs Persija Terbukti Nyata

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dimas Drajad merasakan ambisi menggebu jelang laga Persib Bandung vs Persija Jakarta…

3 jam ago

Erick Thohir Marah Besar Tentang Kerusuhan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kerusuhan Persib membuat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir marah,  ketika mengetahui adanya…

3 jam ago

Ketua Umum Viking Persib Kecam Kekerasan Suporter: Kekerasan Tidak Bisa Dibenarkan!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ketua Umum Viking, Tobias Ginanjar, menanggapi kericuhan yang dilakukan oleh oknum suporter…

4 jam ago

Sikap Persib dan LIB soal Kericuhan Usai Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kericuhan terjadi di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, tepatnya usai laga…

5 jam ago