PASJABAR

DPRD Jabar Nilai Rencana RAPBD 2022 Tak Berpihak pada Pelayanan Publik

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman, menilai dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau RAPBD Tahun  2022, tidak berpihak pada pelayanan publik.

Menurut Bedi, dalam perencanaan anggaran secara keseluruhan pada masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Seharusnya sesuai dengan struktur anggaran dan proprsional.

“Kami mengkritisi perencanaan penganggaran sekaligus ingin memastikan dengan anggaran yang minim akibat pengurangan pendapatan bahwa target utama dari kinerja pemerintahan bisa tercapai,” ungkap Bedi dalam rilis yang diterima PASJABAR, Kamis (18/11/2021).

Bedi menyebut, jangan sampai ada OPD tidak bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan utama akibat adanya pengurangan anggaran. Seperti anggaran pokok (fixed cost) harus pastikan dulu agar rencana kegiatan tersebut dapat dilaksanakan.

” Misalnya, gaji karyawan, honorer disaat situasi seperti ini justru malah diberhentikan. Itu tidak bijak, dan dampaknya nanti terhadap pelayanan. Pemerintah pun penyerapan anggarannya tidak tercapai,”,” sambung Bedi.

Pasalnya anggaran di Jawa Barat secara keseluruhan saat ini kondisinya cukup prihatin. Sehingga pengelolaan di masing-masing OPD ini harus bijak.

Dalam pembahasan RAPBD ini, mayoritas perubahan pagu anggaran yang terjadi dibeberapa OPD sudah sesuai dengan Nota RAPBD. Namun ada beberapa juga yang tidak sesuai dengan penyampaian Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), pada saat penetapan rencana kebijakan umum APBD prioritas dan plafon anggaran sementara (RKUA PPAS).

Contohnya, pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang yang disampaikan TPAD kepada DPRD telah menerima perkembangan Rp134 miliar. Ternyata setelah pihak DPRD memastikan kepada dinas terkait, hanya menerima Rp38,6 miliar. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

14 menit ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

43 menit ago

Satu Tahun Beroperasi, Kereta Cepat Whoosh Angkut 5,8 Juta Penumpang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pencapaian signifikan dengan mengangkut 5,8…

1 jam ago

Belantara Foundation dan Jepang Tanam Bibit Pohon Langka di Riau

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Belantara Foundation bersama mitra dari sektor swasta Jepang melaksanakan penanaman bibit pohon…

2 jam ago

Mahasiswa Unpas Keisya Hasna Auliya Raih Perak di Peparnas XVII Solo 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Keisya Hasna Auliya, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)…

3 jam ago

Penurunan Harga Pangan, Cabai Rawit Merah Turun 2,16 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) melaporkan penurunan harga mayoritas komoditas pangan pada Jumat…

4 jam ago