PASNUSANTARA

Mudahkan Pencarian Data Kekayaan Intelektual Komunal, Kemenkumham Luncurkan Ini

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM Guna mengintegrasikan dan memudahkan pencarian data kekayaan intelektual komunal, yang tersebar pada beberapa kementerian dan lembaga terkait. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), meluncurkan pembaruan aplikasi pusat data nasional kekayaan intelektual komunal (PDN KIK) yang melindungi nilai-nilai kebudayaan Indonesia, pada Selasa 23 November 2021.

“Adanya pembaruan pusat data nasional KIK akan menjadi satu-satunya platform yang menghadirkan penyajian data valid terkait informasi kekayaan intelektual komunal,” kata Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej dikutip PASJABAR dari antara, Selasa (23/11/2021).

Lebih lanjut, Edward menerangkan data yang tersaji pada pusat data tersebut di antaranya warisan budaya tak benda yang sebelumnya berada pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Data terkait fasilitas informasi biodiversity, yang terdapat di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Juga sistem informasi obat bahan alam, yang berada di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Melalui aplikasi ini, memudahkan masyarakat dalam mencari rujukan terkait nilai-nilai kesejarahan, kebudayaan, pengetahuan tradisional, ekspresi budaya tradisional, dan potensi indikasi geografis.

Selain itu, pusat data KIK dapat juga menjadi referensi bagi para pemeriksa desain industri dan paten. Dalam melakukan pemeriksaan permohonan kekayaan intelektual, yang bersumber dari KIK.

Dengan adanya pusat data KIK, akan memperkuat bukti kepemilikan atas KIK Indonesia. Serta dapat menjadi bahan, untuk mempromosikan budaya Indonesia ke dunia internasional.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Razilu menerangkan, jumlah inventarisasi KIK yang tercatat pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham baru 1.651 surat pencatatan. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

10 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

11 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

12 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

13 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

14 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

15 jam ago