PASPENDIDIKAN

Pendidikan Karakter Modal untuk Cerdaskan Bangsa

ADVERTISEMENT

SUKABUMI, WWW.PASJABAR.COM Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menegaskan pendidikan karakter sangat penting dalam meningkatan keimanan dana ketakwaan peserta didik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal ini ditegaskan, Uu saat memberikan arahan kepada Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah SMA/SMK se-Kota Sukabumi di Aula SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, Senin (22/11/2021).

“Inti dari pendidikan karakter adalah moral dan akhlak yang bersumber pada keimanan dan ketakwaan. Oleh karena itu, saya berharap guru dan kepala sekolah bukan hanya tanggung jawab melaksanakan bidang studi masing-masing sebagai insan pendidikan Jawa Barat. Tapi juga memiliki tanggung jawab tentang keimanan dan ketakwaan peserta didik,” sambung Uu.

Lebih lanjut, Uu meminta para guru meluangkan waktu sekitar lima menit dari jam belajar untuk berbicara dengan peserta didik. Tidak lain agar tenaga pendidik dan peserta didik mempunyai keterikatan komunikasi yang erat dalam menyampaikan pesan-pesan moral dan akhlak yang membentuk karakter.

“Kita bangga anak Jawa Barat juara matematika, olimpiade fisika, dan kimia. Tetapi lebih bangga disaat mereka juara hal semacam itu dibingkai keimanan dan ketakwaan yang bercirikan moral dan akhlak. Karena kesuksesan seseorang bukan hanya tentang edukasi tapi moral akhlak pun menentukan,” pesan Uu

Selain itu, Uu pun berharap para guru mampu menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme untuk menumbuhkan rasa kecintaan pada negara dan mempunyai rasa ingin memajukan negara menjadi lebih baik.

Siswa kuasai teknologi

Sebelumnya, Uu menjadi pembina upacara dan meninjau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah. Dalam amanatnya, Uu berharap para siswa mampu memanfaatkan dan meningkatkan proses belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19.

“Ingat kita adalah tunas bangsa yang akan meneruskan perjuangan, mengisi sendi-sendi kehidupan dan mengisi seluruh aktivitas di Indonesia di masa yang akan datang,” jelas Uu.

Pada era industri 4.0, Uu berharap para siswa mampu menguasai teknologi, mampu berkomunikasi, mampu bekerja sama serta memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

6 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago