PASBISNIS

2,6 Juta UMKM di Jabar Masuk Ekonomi Digital

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengklaim, sebanyak 2,6 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM), telah terkoneksi secara digital. Jumlah ini kata dia, yang terbanyak se-Indonesia.

“UMKM terbanyak di Indonesia, ada di Jabar 2,6 juta dalam setahun terdaftar. Artinya emak-emak di kampung pun suatu hari jualan tidak cash tapi pakai QR code,” ucap Kang Emil sapaan Ridwan Kamil dalam rilis yang diterima PASJABAR, Kamis (25/11/2021).

Kang Emil menerangkan, ekonomi Jabar bukan ekonomi konglomerat melainkan ekonomi UMKM, yang persentasenya mencapai 90 %.

“Makanya setiap kegiatan UMKM saya selalu dukung lahir batin buat karena menggerakan ekonomi kerakyatan,” imbuh Kang Emil.

Dukungan tersebut, sebut Kang Emil, Pemerintah Provinsi Jabar lakukan melalui bantuan pendanaan untuk UMKM, melalui program one pesantren one product (OPOP).

“Sudah hampir 2.000 pesantren sekarang punya usaha,” ujar Kang Emil.

Selain itu, secara pribadi Kang Emil mengaku membantu memasarkan produk UMKM lewat media sosialnya yang memiliki belasan juta pengikut. Bahkan, Kang Emil pun turut mendesain produk UMKM seperti sepatu, celana jeans, helm, jaket dan produk lainnya secara gratis.

“Saya juga jadi marketingnya, saya posting di Instagram yang followernya 14 juta, dan bantu juga untuk desain produknya,” jelas Kang Emil.

UMKM pakai nama Kang Emil

Kang Emil pun mengizinkan namanya dipakai masyarakat, untuk merek produk UMKM. Hal ini sebagai bentuk dukungannya dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan. Tidak ada royalti yang harus dibayarkan.

“Kalau menganggap nama saya bisa meningkatkan bisnis UMKM silakan dipakai,” terang Kang Emil.

Menurut Kang Emil, ada dua syarat bagi UMKM yang akan menggunakan namanya. Pertama, harus memberitahu dirinya dulu. Kedua, bisnisnya harus yang sesuai dengan etika syariah.

“Syaratnya cuma dua, karena nama saya mau dipakai yaitu laporan dulu dan bisnisnya harus yang sesuai etika Syariah. Jangan namanya untuk karaoke plus Ridwan Kamil,” pesan Kang Emil

Sampai saat ini, sudah ada 25 UMKM yang melapor menggunakan namanya. Beberapa contoh UMKM yang menggunakan namanya seperti Keripik Pedas Kang Emil, Toko Galon Ridwan Kamil. Tukang Cukur Kang Emil Bandung Juara, Sate Tusuk Ridwan Kamil, dan Cimol Kang Emil.

“Saya catat sudah ada 25 UMKM yang pakai nama saya,” pungkas Kang Emil. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

11 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

14 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago