HEADLINE

Promosi Doktor Yuhaprizon Ulas Kinerja Keuangan Pada UMKM

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Yuhaprizon, mahasiswa program doktor Ilmu Manajemen pada Kamis (2/12/2021).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung ini diketuai oleh rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Kepribadian Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Serta Implikasinya Pada Kinerja Keuangan (Suatu Studi Pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Sepatu di Cibaduyut dan Ciomas Provinsi Jawa Barat)

Tim promotor diketuai oleh Prof. Dr. H. Azhar Affandi SE. M.Sc. dan Aldrin Herwany SE. MM. Ph.D sebagai anggota.

Dalam paparannya Yuhaprizon mengungkapkan bahwa penelitian ini berangkat dari fenomena tuntutan usaha UMKM yang menghendaki agar dunia usaha UMKM menghasilkan kinerja keuangan yang mampu bersaing dan mengangkat entitas ekonomi di sekitar UMKM serta meningkatkan PDB daerah Provinsi Jabar.

“Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Pengetahuan Keuangan,Sikap Keuangan, dan Kepribadian terhadap Perilaku Keuangan serta Implikasinya terhadap Kinerja Keuangan para pelaku usaha UMKM Sentra Sandal dan Sepatu di Cibaduyut Bandung dan di Ciomas Bogor,” urainya.

Hasil Penelitian terang Yuhaprizon diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu Manajemen, khususnya ilmu Manajemen Keuangan dan analisis kinerja keuangan.

“Bagi Departemen sejenis maupun praktisi, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang berguna tentang pentingnya analisis faktor-faktor Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Kepribadian, Perilaku. Keuangan dalam upaya mengoptimalkan kinerja keuangan,” imbuhnya.

Penelitian ini dilakukan di sentra sandal dan sepatu yang terletak di Cibaduyut Bandung dan Ciomas Bogor, Jawa Barat.

Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 108 orang responden.

“Metode penelitian menggunakan teknik Analisis Jalur (path Analisis) Hasil pengujian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan pribadi keuangan terhadap prilaku keuangan sebesar 74,92%,” ungkapnya.

Selanjutnya sambung Yuhaprizon terdapat pengaruh yang signifikan dari prilaku keuangan terhadap kinerja keuangan dengan total pengaruh sebesar 88,80%.

Hasil dari sidang ini Yuhaprizon pun dinyatakan lulus dengan IPK 3,53 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

Selama berkuliah di Unpas, Yuhaprizon yang berprofesi sebagai pedagang di Pasar Baru Bandung mengaku senang dapat menempuh pendidikan di Unpas.

“Sangat luar biasa suasana pembelajaran di Unpas, kekeluargaan dan motivasi yang dibangun, suasana akademik saat menyampaikan pemikiran dan ide kritis,” tandasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

8 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

9 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

10 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

11 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

11 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

11 jam ago