HEADLINE

Risma Pesan Anak Harus Dididik tak Lakukan Perundungan

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM Menteri Sosial Tri Risma Harini menegaskan, semua anak harus dididik sejak awal untuk tidak melakukan perundungan kepada penyandang disabilitas. Alasannya, diskriminasi masih kerap terjadi terhadap kelompok ini.

“Di sekolah kita diajarkan bahwa kita ini bermacam-macam. Jika diajar kalau manusia bermacam-macam sejak dini. Saya yakin saat mereka dewasa, mereka akan tetap menghargai orang yang berbeda dengan mereka, termasuk penyandang disabilitas,” tandas Risma dikutip dari antara, Kamis (2/12/2021)

Lebih lanjut, Risma mengatakan jika pendidikan anti-bully dan anti-diskriminasi dilakukan sejak dini. Maka perilaku menghargai orang lain tersebut, akan terbawa sampai dewasa.

Menuruut Risma, Kementerian Sosial (Kemensos) akan terus memfasilitasi penyandang disabilitas dengan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan para difabel. Sampai saat ini, pihaknya telah mendistribusikan sekitar 6.000 alat bantu, kepada penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

“Kemarin kami juga meminta data dari pemerintah daerah, agar penyandang disabilitas mendapatkan bantuan program keluarga harapan (PKH). Yang sudah masuk itu telah seluruhnya kami berikan, kalau ada yang belum, silakan diberikan pada kami datanya,” imbuh Risma.

Risma berjanji pada 2022, Kemensos akan menyalurkan lebih banyak alat bantu kepada penyandang disabilitas. Untuk itu, ia meminta kepada dinas sosial di seluruh daerah, mendata secara rinci siapa penyandang disabilitas berdasarkan nama, alamat, dan kebutuhan.

Di 2022 pemerintah menganggarkan Rp1 triliun, untuk bantuan sosial melalui Kemensos. Dari dana tersebut, Kemensos akan menyalurkan sekitar Rp400 miliar, untuk membantu penyandang disabilitas. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

5 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago