HEADLINE

Jurnalisme Jadi Vaksin untuk Lawan Disinformasi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad, Dr. Pandan Yudhapramesti, M.T., mengungkapkan jurnalisme menjadi vaksin terbaik melawan disinformasi. Jurnalisme memiliki cara efektif, dalam melawan disinformasi. Cara ini mampu memastikan bahwa debat publik terhadap informasi, didasarkan pada beragam fakta yang ada.

“Debat publiknya komprehensif. Kadang-kadang kita ketika mencari informasi secara mandiri, barangkali kita terjebak dalam filter bubble,” kata Pandan dikutip dari laman Unpad, Senin (6/12/2021).

Kendati berperan penting dalam menyaring informasi, pers atau jurnalisme secara global masih dihadapkan pada tantangan dan tekanan. Pandan mengutip data Aliansi Jurnalis Independen (AJI), yang telah melakukan pendataan komprehensif terhadap kekerasan jurnalis di Indonesia.

Berbagai tekanan terhadap jurnalis Indonesia meliputi intimidasi, kekerasan fisik, pelarangan liputan. Perusakan hingga perampasan alat atau data hasil liputan, ancaman atau teror, hingga ancaman melalui saluran digital (serangan siber dan praktik doxing). Sejak 2006, tercatat ada 890 kasus kekerasan terhadap jurnalis di Indonesia, yang diungkap AJI.

Selain tekanan, kata Pandan, jurnalisme Indonesia juga menghadapi tantangan kualitas. Pandan mengatakan, jumlah media massa di Indonesia tumbuh subur mencapai 47 ribu. Dari jumlah tersebut, banyak media yang tidak memenuhi syarat sebagai pers.

“Sangat memprihatinkan bahwa  wartawannya, tidak semua memiliki kompetensi. Ada yang tidak memiliki pengetahuan jurnalistik, ada pula yang tidak dibekali pelatihan bahkan sekolah jurnalistik,” tegas Pandan. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

1 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

1 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

5 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

11 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

13 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago