HEADLINE

Ini Antisipasi Pemprov Jabar Hadapi Omicron

ADVERTISEMENT

BOGOR, WWW.PASJABAR.COM Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyiapkan berbagai langkah antisipasi, untuk menghindari penyebaran varian omicron yang telah masuk ke Indonesia.

“Dulu delta terdeteksi di Karawang, menyebar dengan cepat. Oleh karena itu kami belajar dari delta. Per hari ini Jabar sedang menyiapkan semua perlengkapan, seperti menghadapi virus delta,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, usai menghadiri acara Indonesia Pasti Bisa dengan tema “Terima Kasih Nakes” di Sentul International Convention Center, Sabtu (18/12/2021).

Walaupun varian omicron sudah terdeteksi dari seorang pekerja di pusat karantina Wisma Atlet, Jakarta. Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk tetap produktif, tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Kepada masyarakat mari kita tetap produktif apapun sebenarnya boleh, asalkan prokes aja. Mau judulnya tadi macam-macam nama virusnya.  Jawabannya adalah prokes untuk masyarakat, untuk negara adalah gencar dengan 3T. Jadi saya kira itu saja persiapannnya insyaallah jauh lebih siap,” ungkapnya.

Untuk saat ini, pihaknya mendapatkan dukungan dari komunitas Indonesia Pasti Bisa untuk memperkuat stok tabung oksigen. Pemerintah juga menggenjot telusur, tes dan tindak lanjut (3T)

“Jadi tabung oksigen kita cek lagi, Alhamdulillah ada stok lebih banyak dari Indonesia Pasti Bisa kemudian testing tracing kita tingkatkan lagi. Per hari ini kita sudah tiga kali lipat dari yang standar untuk testing. Tapi apapun ada kelebihannya dari persiapan kita, yaitu waktu delta vaksinnya dikit jadi kekebalannya rendah dan yang meninggal mayoritas di Jabar adalah mereka yang tidak bervaksin,” tutur Kang Emil.

Ia menjelaskan mengenai capaian vaksinasi di Jabar, untuk dosis satu sudah menyentuh angka 70 %. Sehingga hal tersebut dapat membentuk kekebalan komunal, dalam menghadapi varian omicron.

“Kalau sekarang kan hari ini Jabar capaian vaksinnya hari ini sudah 70 % tahap satunya, jadi sehingga jauh lebih baik,” imbuhnya. (ytn)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

3 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

4 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

5 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

6 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

7 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

8 jam ago