PASJABAR

Tata Jatinangor, Pemkab Sumedang Gunakan Fasilitas Unpad

ADVERTISEMENT

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang akan menggunakan ruangan di Bale Pabukon Unpad di kampus Jatinangor, sebagai tempat aktivitas tim koordinasi kawasan perkotaan Jatinangor.

Pemanfaatan ruangan tersebut disahkan melalui penandatanganan perjanjian pinjam pakai bangunan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang Herman Suryatman dengan Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Yanyan M. Yani, M.AIR., PhD, di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (22/12/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan beban Jatinangor begitu kompleks. Karena itu, Pemkab memberikan perhatian khusus kepada Jatinangor, khususnya terkait sampah, limbah, dan infrastruktur melalui pendekatan perkotaan. Namun, upaya ini bukan menjadikan Jatinangor sebagai kota baru.

“Kawasan Jatinangor tetap di bawah koordinasi Pemkab Sumedang. Ini hanya sebuah sistem untuk men-treatment agar tata kelola pemerintah dalam melakukan penanganan dan pembanguan bisa akseleratif,” kata Herman dikutip dari laman Unpad, Kamis (23/12/2021).

Herman mengatakan, Pemkab Sumedang telah menyusun Perda tentang kawasan perkotaan Jatinangor. Perda tersebut mengatur tentang penanganan Jatinangor dengan menggunakan pendekatan kawasan perkotaan.

Dalam implementasi Perda tersebut, Pemkab sudah membentuk tim khusus. Agar memudahkan aktivitas, Pemkab Sumedang menerima peminjaman ruangan dari Unpad. Ruangan ini akan memudahkan tim untuk bekerja dan berkonsolidasi.

“Ruangan yang kita pinjam akan dimanfaatkan untuk konsolidasi Pemkab, perguruan tinggi, dan tokoh masyarakat Jatinangor dalam membahas persoalan Jatinangor dan solusinya. Nanti Pemkab yang akan memutuskan,” pungkas Herman. (ytn)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

8 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

9 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

10 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

11 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

12 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

13 jam ago