HEADLINE

Selesaikan Janji Politik, Plt Wali Kota Bandung Bakal Evaluasi Stafnya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Ingin menyelesaikan janji politik saat kampanye, Plt Wali Kota Bandung Yana  Mulyana, membutuhkan kepala SKPD yang bisa diajak ‘berlari’.

“Saya dan teman-teman sudah sepakat untuk menyelesaikan janji politik dalam sisa kepemimpinan saya sepeninggaalan Mang Oded (Oded M Danial,red),” ujar Yana kepada wartawan Minggu (26/12/2021).

Karenanya, Yana akan melakukan evaluasi terhadap stafnya di lingkungan Pemkot Bandung, pada eselon II, III dan IV. Yana menegaskan, pihaknya sekarang ini membutuhkan percepatan pelaksanaan program-program untuk memenuhi janji politik tersebut.

“Selain itu, kan wajar jika diakhir tahun dilakukan evaluasi pejabat struktural. Kalau percaya diri dengan kemampuan jangan khawatir,” terang Yana.

Yana mengatakan, keputusannya untuk melakukan evaluasi di lingkungan pejabat eselon II, III dan IV, tidak ada nilai politis. Karenanya, Yana mengamini statement Gubernur Jabar Ridwan Kamil beberapa waktu lalu, mengingatkan agar ASN di lingkungan Pemkot Bandung tidak berpolitik.

“Posisi jabatan politik adalah pimpinan sementara ASN bukan posisi untuk berpolitik, makanya ASN tidak boleh berpolitik praktis,” tegasnya.

Evaluasi akan dilakukan menyeluruh di pejabat setingkat kepala bidang, kepala bagian, kepala dinas, hingga sekretaris daerah.

“Sekda itu kan jabatan eselon II. Jadi memang harus dievaluasi, untuk mengetahui kinerjanya selama ini. Dan akan diputuskan, apakah perlu untuk diganti atau tidak. Karena kan sekarang banyak yang secara golongan sudah memenuhi syarat untuk menjadi sekda,” paparnya.

Yana mengatakan, evaluasi memang harus dilakukan setiap akhir tahun di semua sektor. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan dan rutinitas yang memang dilakukan setiap tahunnya, di lingkungan Pemkot Bandung.

“Saya juga kan sebagai pimpinan mendapat evaluasi dari dewan, jadi wajar kalau saya juga melakukan evaluasi terhadap staf saya,” tuturnya.

Janji politik

Beberapa hal yang menurut Yana, masih belum terpenuhi janji politiknya. Di antaranya bidang infrastruktur, penanganan banjir sampah, dan ketahanan pangan.

“Seperti diketahui kebutuhan pangan di Kota Bandung banyak dipenuhi oleh kabupaten kota di sekitarnya,” katanya.

Untuk ketahanan pangan lanjutnya, bukan tidak mungkin jika COVID-19 kembali merebak, maka setiap daerah akan mementingkan kebutuhan pangan mereka sendiri

“Karenanya Kota Bandung tidak boleh bergantung kepada wilayah lain,” tambahnya.

Beberapa hal di atas sambungnya, memang sempat terhenti capaian targetnya karena terhambat anggaran yang selalu di refocusing saat pandemi COVID-19.

“Saat pandemi kemarin kita sudah menganggarkan untuk kebutuhan infrastruktur dan kebutuhan lainnya. Namun karena pandemi, beberapa kali kami melakukan refocusing,” jelasnya.

Disinggung mengenai memenuhi kebutuhan ekonomi dari sektor jasa, Yana mengatakan hal itu memang akan dialakukan.

“Hanya saja kepada sektor ekonomi yang sudah dilakukan relaksasi saya menitipkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Mengingat kota Bandung adalah kota metropolitan yang terbuka, sehingga memungkinkan siapapun yang datang dari wilayah lain. Masyarakat datang dengan berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan bekerja hingga berlibur.

“Sehingga satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah mematuhi protokol kesehatan yang ketat .Agar bisa menekan laju pertambahan angka COVID-19,” paparnya. (put)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Korban Gempa di Cibereum Mulai Mengeluh Penyakit Pasca Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah warga korban gempa bumi di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, mulai mengeluhkan…

51 menit ago

Ribuan Warga Masih Bertahan di Pengungsian Gempa Kertasari, Butuh Makanan dan Selimut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Empat hari setelah gempa bumi mengguncang Kertasari, ribuan warga masih bertahan di…

2 jam ago

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

3 jam ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

4 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

15 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

16 jam ago