HEADLINE

Jokowi Minta Kampus Tak ‘Mengurung’ Mahasiswanya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kampus tidak ‘mengurung’ mahasiswanya. Sebaliknya, dia meminta pihak kampus membiarkan mahasiswanya menjadi ‘liar’.

Jokowi sendiri, meyakini sumber daya manusia (SDM) unggul akan membawa Indonesia mampu bersaing dalam ekonomi digital ke depan. Oleh karena itu, dia meminta pihak kampus memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program pendidikan yang ditetapkan oleh universitas.

“Berikan mahasiswa kesempatan untuk belajar kepada siapa saja, di mana saja. Belajar kepada dunia industri silakan, belajar kepada dunia perbankan silakan,” ujar Jokowi dalam Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) di Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) Unpar, Kota Bandung, Senin (17/1/2022).

SDM unggul, menurutnya harus dipersiapkan. Sebab, perkembangan di dunia nantinya akan berubah menjadi hybrid, baik hybrid knowledge maupun hybrid skill. Oleh sebab itu, mahasiswa harus untuk selalu siap belajar dalam rangka menghadapi perubahan yang terus bermunculan.

“Semua mahasiswa ke depan paham mengenai matematika, mengenai statistik, mengenai ilmu komputer, paham mengenai bahasa, bukan Inggris saja, tapi bahasa coding akan lebih penting nantinya,” lanjutnya.

Jokowi mengatakan, Indonesia punya potensi besar pada sektor ekonomi digital. Pasar digital Indonesia bahkan tumbuh pesat jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Dia memprediksi, pada 2025, pasar digital Indonesia dapat meningkat sampai di angka USD146 miliar.

“Kita prediksi di 2025, pasar digital kita akan meningkat sampai di angka USD146 miliar. Ini artinya potensinya Rp2.100 triliun. Ini bagian yang muda-muda untuk ngerjain ini, jangan diambil oleh negara-negara lain,” tutur Presiden.

“Indonesia memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi digital di Asia Tenggara. Kita berkontribusi 40 persen ekonomi digital kita di Asia Tenggara,” tambahnya.

Pemerintah sendiri, terus melakukan pembangunan infrastruktur guna mendukung transformasi digital di Tanah Air. Pada tahun 2021, pemerintah telah memulai proses konstruksi satelit multifungsi, Satelit Republik Indonesia (Satria-I). Selain itu, pembangunan stasiun pemancar juga telah mulai dilakukan di ribuan desa dan kelurahan guna mendukung akses jaringan 4G.

Farming dan refarming spektrum frekuensi radio yang telah dilakukan untuk optimalisasi kualitas layanan jaringan 4G dan pengembangan jaringan 5G dan untuk menjalankan program analog switch off,” imbuhnya.

Selain transformasi ekonomi digital, Jokowi mengatakan Indonesia memiliki modal besar untuk bertransformasi menuju ekonomi hijau dengan hasil produk hijau yang memiliki nilai tambah tinggi.

“Potensi energi baru terbarukan kita 418 gigawatt berarti 418 ribu megawatt, gede sekali. Kita memiliki sungai, ada 4.400 sungai yang kita miliki, ini bisa jadi hydropower. Kita memiliki arus bawah laut, dua pertiga kita adalah laut. Kita memiliki geotermal 29 ribu megawatt kita miliki, baru dipakai 2.000, artinya masih ada 27 ribu megawatt. Kita memiliki angin yang sudah kita coba di Jeneponto, di Sidrap, di Sulawesi, di Sukabumi,” ungkapnya.

Jokowi menambahkan, pembangunan Kawasan Industri Hijau di Provinsi Kalimantan Utara juga masih terus berlangsung. Dia meyakini, keberhasilan pembangunan kawasan ini nantinya akan menjadi gerbang baru bagi Indonesia menjadi negara industri besar yang patut diperhitungkan dunia.

“Akan menjadi pintu gerbangnya di situ, Kawasan Industri Hijau di Kalimantan Utara. Semoga ini dalam waktu 4, 5 tahun itu sudah bisa diselesaikan untuk yang tahapan pertama,” ucapnya. (ors)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Fakta Menarik Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes

WWW.PASJABAR.COM -- Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes, punya fakta menarik jelang laga melawan Bahrain di…

1 jam ago

Branko Ivankovic Dicemooh Suporter Timnas China

WWW.PASJABAR.COM -- Branko Ivankovic dicemooh suporter Timnas China usai kata-katanya hanya dianggap omong kosong, netizen…

2 jam ago

Foto: Mural Satu Tahun Agresi Israel ke Gaza

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Siswa SDN Astanaanyar 249 bersama warga melukis tentang Palestina di tembok di…

3 jam ago

Francesco Bagnaia Menyamai Rekor Valentino Rossi

WWW.PASJABAR.COM -- Usai memenangkan MotoGP Jepang di Sirkut Motegi, Minggu (6/10), Francesco Bagnaia menyamai rekor…

4 jam ago

Operasi Klakson Telolet di Gedebage, Puluhan Pengendara Ditilang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bekerja sama dengan Polrestabes Bandung, Polsek Gedebage,…

6 jam ago

Cara Pelatih Caretaker FC Dallas Bantu Timnas Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- Cara Pelatih Caretaker FC Dallas Bantu Timnas Indonesia. Cara Pelatih Caretaker FC Dallas…

6 jam ago