HEADLINE

Medsos Ramai Kutip Video Milik Pastv, Presiden Jokowi Berbahasa Sunda

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMVideo Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi.red) berdurasi 1: 22 menit yang merupakan video milik Pastv (grup Pasjabar.red) di Channel Yotube Pastv, tiba – tiba viral dan dikutip diberbagai media sosial, pasca kasus ketersinggungan masyarakat Sunda oleh pernyataan anggota DPR RI, Arteria Dahlan yang mengatakan jika kejati yang rapat menggunakan Bahasa Sunda diganti.

Video milik Pastv itu dikutip berbagai media social, baik Instagram, youtube, facebook dan media massa lainnya, lainnya yang memotong bagian ketika Presiden Jokowi menyampaikan beberapa kalimat dalam Bahasa Sunda. Video yang diunggah Pastv yang merupakan bagian dari media di Paguyuban Pasundan salah satu organisasi tertua di Indonesia ini diunggah pada 11 November 2018 silam.

Kutipan Presiden Jokowi dalam Bahasa sunda yang banyak dikutip itu adalah pada pagian awal pidato : “Wilujeng enjing, Kumaha damang. Didie singkuring araos tumaninah. Umargi wargana someatur hade pundi parangge kasasama,” tuturnya.

Pidato tersebut disampaikan saat Presiden Jokowi menerima penghargaan Pini Sepuh yang merupakan penghargaan khusus yang diberikan Paguyuban Pasundan untuk tokoh yang dianggap berpengaruh untuk Indonesia.

Video ini kemudian kembali viral setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengambil bagian dari pernyataan Sunda Pak Jokowi, meski kemudian dihapus oleh Ridwan Kamil setalah Arteria Dahlan akhirnya memutuskan meminta maaf kepada publik.

(foto : ist instagram @ridwankamil)

Berikut beberapa media yang mengutip viralnya video Presiden Jokowi berbahasa Sunda milik Pastv https://www.youtube.com/watch?v=vDiwb2x4a3A, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220120162110-32-749189/sindir-arteria-ridwan-kamil-unggah-video-jokowi-berbahasa-sunda, https://www.tribunnews.com/nasional/2022/01/20/ridwan-kamil-unggah-video-arteria-dahlan-ngomong-sunda-singgung-cara-komunikasi-jokowi-bung-karno, https://www.viva.co.id/berita/nasional/1442393-momen-jokowi-sapa-warga-pakai-bahasa-sunda, https://www.radarcirebon.com/2022/01/20/jokowi-pidato-bahasa-sunda-viral-lagi-gara-gara-arteria-dahlan/.  Selain itu Video ini sudah beredar banyak baik di Facebook, tik-tok dan twitter. (tie)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

49 menit ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

50 menit ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

52 menit ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

2 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

3 jam ago