PASOLAHRAGA

Bela Shin Tae-yong, Umuh: Haruna Tak Pantas Jadi Exco PSSI

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar, membela pelatih timnas Shin Tae-yong. Sebaliknya, dia mengkritik anggota Exco PSSI Haruna Soemitro, yang meremehkan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Umuh bahkan menyebut Haruna tak tahu apa-apa di bidang sepak bola. Bahkan, dia menyebutnya tak pantas menjadi anggota Exco PSSI.

“Saya bilang dia tidak pantas ada duduk di Exco. Dia mengerti apa dan tahu apa (tentang sepak bola)?” cetus Umuh, Kamis (20/1/2022).

Dia bahkan menyebut Haruna hanya mencari hidup dengan menjadi anggota Exco PSSI. Bahkan, dia menyeret latar belakang Haruna sebagai mantan manajer Madura United.

“Dia cuma cari hidup di Exco PSSI. Dia bukan pengusaha dan dia enggak punya usaha apapun. Semua tahu Haruna, di Madura juga dia tidak mewakili salah satu klubnya,” jelasnya.

Menurutnya, Haruna memang kerap mencari masalah. Bahkan, beberapa tahun lalu, Umuh pernah terlibat perseteruan dengannya saat masih jadi petinggi Madura United.

“Itu (mengkritisi Shin Tae-yong pernyataan) pribadi dan sepertinya itu karakter Haruna. Makanya saya tegaskan segeralah Haruna keluar dari Exco PSSI, jangan ada di PSSI,” tegas Umuh.

Umuh tantang Haruna

Umuh sendiri heran kenapa Haruna bisa menjabat sebagai Exco PSSI, meski dianggap tidak kompeten. Bahkan, dia bersilang pendapat dengan Haruna soal kinerja Shin Tae-yong di timnas.

Umuh memandang, Shin Tae-yong sudah membawa timnas di jalur yang tepat. Dia membawa perubahan tersendiri dan melakukan regenerasi di tubuh timnas. Namun, Haruna malah menentang apa yang sudah dijalankan Shin Tae-yong.

“Shin Tae-yong sudah bagus, semua mendukung Shin Tae-yong. Ini yang saya aneh (Haruna), ini dia karena punya karakter dan tujuan-tujuan yang lain,” ucapnya.

Dia bahkan secara terbuka siap menerima ‘serangan balik’ dari Haruna atas pernyataannya. Bahkan, dia menantang Haruna secara terbuka jika tak suka dengan apa yang dikatakannya.

“Silakan Haruna kalau dia tidak suka dengan kata-kata saya. Saya akan tantang dia,” tegas Umuh.

Haruna sendiri menuai kritik dan protes karena meremehkan pencapaian Shin Tae-yong, yang membawa Indonesia jadi runner up Piala AFF 2020. Dia menyebut itu bukan prestasi. Yang lebih penting bagi Haruna adalah juara, bukan sebuah proses menjadi juara. (ors)

 

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

5 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

26 menit ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

1 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

4 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

4 jam ago