HEADLINE

Fakta Kakang Rudianto sang Pencetak Gol Kemenangan Persib

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Nama Kakang Rudianto mendadak mencuri perhatian. Itu karena sang pemain baru saja mencetak gol perdana, dalam laga debutnya bersama Persib Bandung.

Dia mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam lanjutan Liga 1 2021/2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Bali, Sabtu (29/1/2022) malam.

Pasjabar.com merangkum sejumlah fakta menarik dari sosok Kakang. Berikut ini faktanya:

1. Debut karena Hantaman COVID-19
Sembilan pemain Persib dinyatakan positif terpapar COVID-19, jelang laga melawan Persikabo. Namun, ini jadi berkah tersendiri baginya karena Kakang dimainkan sejak menit awal.

Jika tak dihantam badai COVID-19, kecil kemungkinan Kakang dimainkan. Sebab, selama ini pilihan bek tengah diisi Nick Kuipers, Victor Igbonefo, dan Achmad Jufriyanto secara bergiliran. Bahkan, dalam kondisi darurat, Supardi Nasir beberapa kali dipaksakan jadi bek tengah.

Ini merupakan debut perdana Kakang setelah dipromosikan ke tim senior oleh pelatih Robert Alberts. Sebelumnya, Kakang tak pernah mendapatkan kesempatan bermain. Dengan penampilan apiknya di lini pertahanan, bukan tidak mungkin Kakang mendapat kepercayaan tampil dalam laga-laga berikutnya.

2. Sisi Lain Gol Perdana
Gol ke gawang Persikabo jadi gol perdana Kakang bagi tim senior Persib. Namun, ada catatan menarik tersendiri di balik gol ini.

Kakang mengalahkan pencapaian Marc Klok, yang mencetak gol perdana bagi Persib saat melawan Barito Putera pada menit 85 lewat tendangan bebas. Catatan Kakang juga lebih baik dari debut Bruno Cantanhede, yang mencetak gol pada menit ke-33 saat Persib saat mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 1-0.

3. Pemain Termuda Keempat
Di era sepak bola profesional, Kakang mencatatkan dirinya sebagai salah seorang pemain termuda yang menjalani debut bersama Persib. Saat bermain, Kakang baru berusia 18 tahun 361 hari.

Posisi pertama debutan termuda masih dipegang Beckham Putra. Di bawahnya ada Gian Zola dan Indra Mustafa.

4. Jebolan Pertama Akademi Persib
Di skuad Persib saat ini memang cukup banyak bercokol pemain muda. Namun, Kakang punya catatan tersendiri. Dia adalah pemain pertama yang dipromosikan dari Akademi Persib.

Dia dipromosikan ke tim senior pada Liga 1 2020. Namun, dia harus bersabar menanti debut. Kesempatan pertama pun datang saat Persib melawan Persikabo di Liga 1 2021/2022. (ors)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

16 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

46 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago