PASPENDIDIKAN

Unpad Lakukan Penanaman Pohon di Leuwi Padjadjaran 2, Ini Tujuannya

ADVERTISEMENT

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM Unpad berkolaborasi dengan Yayasan Palawa Indonesia melakukan penanaman bibit pohon di kawasan embung “Leuwi Padjadjaran 2” kampus Unpad, Jatinangor, Selasa (1/2/2022).

Kepala Pusat Keselamatan, Keamanan, dan Ketertiban Lingkungan Unpad Dr. Teguh Husodo, M.Si., mengatakan, kegiatan penanaman pohon tersebut, sebagai kelanjutan dari program 1.000 pohon dalam 4 tahun untuk Unpad.

Pada acara tersebut, sebanyak 154 bibit pohon berhasil ditanam oleh tim dari himpunan mahasiswa dan dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian, BEM Kema, UKM Palawa, perwakilan alumni dari Yayasan Palawa Indonesia, serta sejumlah tenaga keamanan dalam kampus.

“Jenis bibit pohon yang ditanam adalah bibit pohon buah-buahan dan pohon estetika,” kata Teguh seperti dikutip PASJABAR dari laman unpad, Kamis (3/2/2022).

Jenis pohon estetika yang ditanam yaitu, 22 bibit ketapang kencana. Sementara sisanya merupakan jenis pohon buah-buahan, mulai dari mangga, rambutan, lengkeng, manggis, jengkol, hingga petai. Bibit pohon buah-buahan ini merupakan hibah dari Yayasan Palawa Indonesia.

Teguh menjelaskan, penyediaan bibit pohon buah dari Yayasan Palawa Indonesia bertujuan, untuk proses penanaman bibit tidak hanya untuk menghijaukan. Ada manfaat lain yang bisa dinikmati Unpad melalui pohon tersebut nantinya.

“Mereka punya target begitu pohon itu berproduksi, mereka ingin lihat ada manfaat tambahan yang dihasilkan selain tegakan pohon,” sambungnya.

Kebun tematik

Selain itu, penanaman bibit pohon buah juga akan menjadi bagian dalam program kebun tematik di kampus Unpad. Beberapa lokasi di kampus akan ditanam berbagai tanaman produktif. Tujuannya selain melakukan konservasi, tanaman tersebut dapat memproduksi berbagai komoditas yang bisa dinikmati khususnya oleh warga Unpad.

Teguh menjelaskan, pemilihan lokasi di sekitar Leuwi Padjadjaran dilakukan untuk melakukan proses revegetasi kawasan tersebut. Ada banyak ruang terbuka dari hasil pembangunan embung oleh Kementerian PUPR tersebut setahun terakhir. Karena itu, proses revegetasi perlu dilakukan.

“Penanaman pohon dilakukan mengitari area embung. Insyaallah hampir tertutup,” tuturnya.

Leuwi Padjadjaran 2 memiliki fungsi utama sebagai konservasi air. Embung berfungsi sebagai retensi air berlimpah di lingkungan kampus Unpad, baik dari air permukaan ataupun mata air. Fungsi lainnya akan menjadi area pembelajaran bagi bidang agrokompleks.

Selain itu, Leuwi Padjadjaran 2 juga dapat dimanfaatkan untuk sarana pelatihan, seperti pelatihan mendayung, survival, hingga pengembangan olahraga air. Namun, Teguh mengingatkan, aktivitas di embung memerlukan keahlian dan pengawasan khusus. Ini disebabkan, beberapa area memiliki kedalaman mencapai 12 meter. (*/ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Main Perdana Timnas U-20 Langsung Puncaki Klasemen Libas Maladewa 4-0

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Main perdana Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Timnas Indonesia U-20…

5 jam ago

Hari Pertama Kampanye, Ronald Surapradja Sapa Warga Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Ronald Surapradja, memulai masa…

7 jam ago

Mensos Tinjau Penyaluran Bantuan Korban Gempa Bandung Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial Saifullah Yusuf melakukan kunjungan kerja ke posko utama penanganan gempa…

8 jam ago

BRIN Jelaskan Fenomena ‘Bulan Kembar’: Bukan Bulan Kedua, Hanya Asteroid

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menjelaskan fenomena…

9 jam ago

STKIP Pasundan Cimahi Penyumbang Atlet, Medali Terbanyak Jabar Hattrick PON

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – STKIP (Sekolah Tinggi Kependidikan dan Ilmu Pendidikan) Pasundan Cimahi, menjadi kampus penyumbang…

10 jam ago

Bobotoh Persib Kompak Keluarkan Pernyataan Sikap

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah organisasi Bobotoh Persib kompak mengeluarkan pernyataan sikap bersama menyikapi persoalan…

10 jam ago