HEADLINE

Tips Sehat saat Kuliah Luring dalam Masa Pandemi COVID-19

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Dokter Umum Klinik Pratama UPT Layanan Kesehatan ITB dr. Narissa Anugrawati mengungkapkan, untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan COVID-19 pada saat kuliah luring, yaitu menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Beberapa langkah yang dapat dilakukan di antaranya, mengonsumsi gizi seimbang, tidak merokok, mengonsumsi suplemen vitamin, melakukan aktivitas fisik/senam ringan, istirahat yang cukup, dan mengendalikan tingkat stres agar imun tubuh tidak menurun.

Dosen Fakultas Psikologi Unpad, Fredrick Dermawan Purba, M.Psi., Ph.D., menyebutkan komponen stres dibagi menjadi tiga yakni stressor atau hal-hal yang membuat kita tertekan, penilaian, dan kemampuan/sumber daya.

Kunci utama

Ketiganya harus dikuasai karena sebagai kunci utama memanajemen stres dalam diri. Stressor dinilai berbeda tiap orang, yang juga bergantung terhadap sumber daya. Ada orang yang terlalu fokus sumber daya internal sehingga stressor-nya mendominasi sehingga terkena stres. Namun, ada juga orang yang menilai sumber daya tidak hanya dari dalam tetapi dari luar sehingga kemampuan sumber dayanya hampir mendekati stressor, sehingga dia tidak tidak berada dalam keadaan stres.

Namun, ketiganya akan berjalan dengan baik apabila dimulai dengan growth mindset. Dengan melakukan hal ini, dapat menimbulkan motivasi untuk melakukan tindakan yang sejalan. Ia juga berbagi tips untuk mengatasi stress (coping stress). Dalam mengatasi stress, terdapat tiga pendekatan yakni fokus pada masalah meliputi, koping aktif, perencanaan, bingkai ulang positif atau fokus pada emosi meliputi penerimaan, humor, agama/kepercayaan, dukungan emosional, dukungan instrumental, distraksi diri atau fokus keduanya.

“Singkatnya, kita tidak akan berada dalam kondisi stres apabila stressor dapat terselesaikan. Selain itu, hindari hal-hal yang kurang sehat seperti, penyangkalan, melampiaskan, penggunaan obat-obatan, menyerah, dan menyalahkan diri sendiri,”

“Menerapkan pola hidup sehat juga menjadi cara terhindar dari stres dengan memakan makanan yang bergizi, olahraga, tidur yang teratur, periksa kesehatan, rencanakan agenda kegiatan, dan selalu mendapat dukungan sosial. Oleh karena itu, apabila kita bisa mengatasi kondisi stress maka imun kita dapat meningkat dan kita dapat terhindar dari penularan corona virus,” bebernya seperti dikutip PASJABAR dari laman itb, Selasa (8/2/2022). (*/ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

8 menit ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

2 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

2 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

12 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago