PASBANDUNG

Bupati Bandung Klaim Penyaluran Bansos Lancar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Bupati Bandung Dadang Supriatna mengklaim penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), ATENSI, dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Bandung berjalan lancar.

Hal itu diungkapkannya di sela Monitoring dan Evaluasi Percepatan Penyaluran Bansos bersama Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Gor Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Senin (7/3/2022).

Dadang Supriatna menuturkan, Keluarga Penerima Manfaat (PKM) dapat berbelanja di warung terdekat. Menurutnya, langkah tersebut dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Bandung.

“Setelah dihitung-hitung perputarannya hampir Rp200 miliar per tiga bulan, belum lagi dibagi 4.265 RW. Ini sangat luar biasa, akan terjadi multiplier effect. InsyaAllah akan berdampak pada ekonomi masyarakat setempat,” terang Dadang.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengimbau seluruh pemerintah wilayah, mulai dari kecamatan, desa, hingga RT dan RW untuk bersinergi mengawasi penyaluran bantuan sosial, sehingga pendistribusiannya tepat sasaran.

“Saya tekankan camat dan kepala desa untuk pahami aturannya. Bantuan ini harus tepat sasaran, diterima langsung KPM dan benar-benar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga,” tegas bupati yang akrab disapa Kang DS itu.

Tidak hanya menangani kesenjangan ekonomi, Kang DS menilai, sejumlah bantuan yang digulirkan pemerintah pusat seperti PIP (Program Indonesia Pintar) dan PIS (Program Indonesia Sehat) juga dapat menanggulangi masalah kesehatan dan kemiskinan.

Pasalnya, selama pandemi COVID-19 jumlah KPM di Kabupaten Bandung mengalami peningkatan yakni dari 85.343 KPM menjadi 181. 213 KPM. Jumlah data tersebut bergerak dinamis, sesuai dropping data Kemensos RI.

“Sebenarnya angka kemiskinan kita terus mengalami penurunan. Namun dikarenakan pandemi yang meluluhlantahkan elemen, sehingga jumlah KPM Kabupaten Bandung mengalami peningkatan,” tutup Dadang. (ctk)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

2 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

3 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

4 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

5 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

5 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

5 jam ago